Friday, April 6, 2012

TUGAS PKP MARIA


http://www.4shared.com/rar/1sr5PFUM/TUGAS_PKP_MARIA.html
LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL

PENINGKATAN   MOTIVASI  DAN HASIL BELAJAR   SISWA
MELALUI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING
PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V
SD NEGERI 2 SIDOMULYO

DAN

PENINGKATAN   MOTIVASI  DAN HASIL BELAJAR   SISWA
MELALUI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING
PADA MATA PELAJARAN PKn  KELAS V
SD NEGERI 2 SIDOMULYO
TAHUN 2010/2011



Oleh :

N A M A         : MARIA
N I M              : 819 007 286


LOGO_UT1



PROGRAM S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDKAN
UPBJJ-UT BANDAR LAMPUNG
2011

PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
(PKP)




LAPORAN

TUGAS AKHIR TUTORIAL



MATA PELAJARAN

ILMU PENGETAHUAN ALAM







Oleh :


N A M A                       : MARIA
N I M                             : 819 007 286
PROGRAM STUDY   : S-1 PGSD
MASA UJIAN              : 2011.1
POKJAR                       : ADILUWIH






PROGRAM S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDKAN
UPBJJ-UT BANDAR LAMPUNG
2011

PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
(PKP)




LAPORAN

TUGAS AKHIR TUTORIAL



MATA PELAJARAN

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAN







Oleh :


N A M A                       : MARIA
N I M                             : 819 007 286
PROGRAM STUDY   : S-1 PGSD
MASA UJIAN              : 2011.1
POKJAR                       : ADILUWIH





PROGRAM S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDKAN
UPBJJ-UT BANDAR LAMPUNG
2011

LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN
LAPORAN HASIL PERBAIKAN
MATA PELAJARAN Pendidikan Kewarganegaraan (IPS)

Nama Mahasiswa                                : MARIA
NIM                                                    : 819 007 286
Program Studi                                     : S 1 PGSD
Tempat Mengajar                                : SD Negeri 02 Sidomulyo Kec. Air Naningan
Jumlah Pembelajaran                           : 3 x Pertemuan
Tempat dan Tanggal Pelaksanaan       : SD Negeri 02 Sidomulyo Kec. Air Naningan
                                                              Pra Siklus, Hari  Rabu, 27 April 2011
                                                              Siklus 1, Hari  Rabu     Tanggal  04 Mei 2011
                                                              Siklus 2, Hari  Rabu     Tanggal  18 Mei 2011

Masalah yang Merupakan Fokus Perbaikan :
1. Metode pembelajaran kurang variatif
2. Rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS
3. Hasil belajar siswa rendah






LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN
LAPORAN HASIL PERBAIKAN
MATA PELAJARAN ilmu pengetahuan ALAM (IPA)

Nama Mahasiswa                                : MARIA
NIM                                                    : 819 007 286
Program Studi                                     : S 1 PGSD
Tempat Mengajar                                : SD Negeri 02 Sidomulyo Kec. Air Naningan
Jumlah Pembelajaran                           : 3 x Pertemuan
Tempat dan Tanggal Pelaksanaan       : SD Negeri 02 Sidomulyo Kec. Air Naningan
                                                              Pra Siklus, Hari  Kamis, 28 April 2011
                                                              Siklus 1, Hari  Kamis, Tanggal  05 Mei 2011
                                                              Siklus 2, Hari  Kamis, Tanggal  19 Mei 2011

Masalah yang Merupakan Fokus Perbaikan :
1. Metode pembelajaran kurang variatif
2. Rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran IPA
3. Hasil belajar siswa rendah






DAFTAR PUSTAKA

Arikunto Suharsini, Penelitian Tindakan Kelas, PT Bumi Aksara, Jakarta
Dimyati dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jaklarta
Hamalik Oemar, 1990, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Tarsito Bandung
Haryanto, 2008, Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V, Penerbit Erlangga, Jakarta
Mikarsa Hera Lestari, dkk., 2007, Pendidikan Anak di SD, Universitas Terbuka
Slameto, 1995, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, PT Rineka Cipta, Jakarta
Sardiman, Am, 2006, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali, Jakarta
The Liang Gie, 1981, Proses Belajar Mengajar, Tarsito Bandung
Wilis Dahar Ratna, 1989, Teori-teori Belajar, PT Gelora Aksara Pratama
Winataputra Udin S., 2005, Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka









DAFTAR PUSTAKA

Arikunto Suharsini, Penelitian Tindakan Kelas, PT Bumi Aksara, Jakarta
Dimyati dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jaklarta
Hamalik Oemar, 1990, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Tarsito Bandung
Mikarsa Hera Lestari, dkk., 2007, Pendidikan Anak di SD, Universitas Terbuka
Slameto, 1995, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, PT Rineka Cipta, Jakarta
Sardiman, Am, 2006, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali, Jakarta
The Liang Gie, 1981, Proses Belajar Mengajar, Tarsito Bandung
Widihastuti, Setiati dan Fajar Rahayuningsih, 2008, Pendidikan Kewarganegaraan, SD/MI Kelas 5, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta
 Wilis Dahar Ratna, 1989, Teori-teori Belajar, PT Gelora Aksara Pratama
Winataputra Udin S., 2005, Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka








DAFTAR PUSTAKA

Arikunto Suharsini, Penelitian Tindakan Kelas, PT Bumi Aksara, Jakarta
Dimyati dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jaklarta
Hamalik Oemar, 1990, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Tarsito Bandung
Haryanto, 2008, Sains untuk Sekolah Dasar Kelas IV, Penerbit Erlangga, Jakarta
Mikarsa Hera Lestari, dkk., 2007, Pendidikan Anak di SD, Universitas Terbuka
Slameto, 1995, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, PT Rineka Cipta, Jakarta
Sardiman, Am, 2006, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali, Jakarta
The Liang Gie, 1981, Proses Belajar Mengajar, Tarsito Bandung
Wilis Dahar Ratna, 1989, Teori-teori Belajar, PT Gelora Aksara Pratama
Winataputra Udin S., 2005, Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka









DAFTAR PUSTAKA

Arikunto Suharsini, Penelitian Tindakan Kelas, PT Bumi Aksara, Jakarta
Dimyati dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jaklarta
Hamalik Oemar, 1990, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Tarsito Bandung
Mikarsa Hera Lestari, dkk., 2007, Pendidikan Anak di SD, Universitas Terbuka
Slameto, 1995, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, PT Rineka Cipta, Jakarta
Sardiman, Am, 2006, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali, Jakarta
Sulistiawati, Endang dan Linda S. Limbong, 2008, Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas 4, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta
The Liang Gie, 1981, Proses Belajar Mengajar, Tarsito Bandung
Wilis Dahar Ratna, 1989, Teori-teori Belajar, PT Gelora Aksara Pratama
Winataputra Udin S., 2005, Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka







KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Seru sekalian Alam, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang setia menyebut dan mengagungkan asma-Nya. Hanya atas rahmat dan ridho-Nya jua lah penulis dapat menyelesaikan penelitian dan Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional ini  dari awal hingga akhir berjalan dengan lancar, tanpa mengalami kendala yang berarti.
Laporan yang amat sederhana ini disusun sebagai tugas akhir perkuliahan Universitas Terbuka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program S-1 PGSD pada mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP).
Dengan selesainya laporan ini, penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1. Pengelola S-1 PGSD Kelompok Belajar (Pokjar) Bandungbaru yang telah menyediakan  fasilitas dan kesempatan untuk melaksanakan perkuliahan dan penelitian untuk laporan ini.
2.  Para Dosen UPBJJ-UT Bandar Lampung selaku Pembimbing kegiatan PKP yang telah memberikan bimbingannya dalam penelitian dan penulisan laporan ini..
3.  Kepala SD Negeri 02 Sidomulyo beserta segenap Dewan Guru dan Teman Sejawat yang telah memberikan respon positif  untuk melaksanakan penelitian.
4.  Rekan-rekan Mahasiswa S-1 PGSD Pokjar Bandungbaru sebagai rekan diskusi dalam pelaksanaan pembelajaran dan penyusunan laporan ini.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu kami mengharapkan adanya kritik dan saran dari pembaca dan kami berharap kiranya laporan ini ada manfaatnya, khususnya bagi kami pribadi dan umumnya kepada segenap pembaca sekalian. Amin.

        Bandungbaru,    Mei 2011
        Penulis,



M A R I A
NIM.  819 007 286
KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Seru sekalian Alam, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang setia menyebut dan mengagungkan asma-Nya. Hanya atas rahmat dan ridho-Nya jua lah penulis dapat menyelesaikan penelitian dan Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional ini  dari awal hingga akhir berjalan dengan lancar, tanpa mengalami kendala yang berarti.
Laporan yang amat sederhana ini disusun sebagai tugas akhir perkuliahan Universitas Terbuka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program S-1 PGSD pada mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP).
Dengan selesainya laporan ini, penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1. Pengelola S-1 PGSD Kelompok Belajar (Pokjar) Bandungbaru yang telah menyediakan  fasilitas dan kesempatan untuk melaksanakan perkuliahan dan penelitian untuk laporan ini.
2.  Para Dosen UPBJJ-UT Bandar Lampung selaku Pembimbing kegiatan PKP yang telah memberikan bimbingannya dalam penelitian dan penulisan laporan ini..
3.  Kepala SD Negeri 02 Sidomulyo beserta segenap Dewan Guru dan Teman Sejawat yang telah memberikan respon positif  untuk melaksanakan penelitian.
4.  Rekan-rekan Mahasiswa S-1 PGSD Pokjar Bandungbaru sebagai rekan diskusi dalam pelaksanaan pembelajaran dan penyusunan laporan ini.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu kami mengharapkan adanya kritik dan saran dari pembaca dan kami berharap kiranya laporan ini ada manfaatnya, khususnya bagi kami pribadi dan umumnya kepada segenap pembaca sekalian. Amin.

        Bandungbaru,    Mei 2011
        Penulis,



M A R I A
NIM.  819 007 286

 HALAMAN PENGESAHAN

Nama                                       : MARIA
N I M                                      : 819 007 286
Program Studi                         : S-1 PGSD
Tempat Mengajar                    : SD Negeri 02 Sidomulyo
Jumlah Siklus                          : 2 Siklus
Tempat Pelaksanaan                : SD Negeri 02 Sidomulyo Kecamatan Air Naningan
                                                  Kabupaten Tanggamus
Tanggal Pelaksanaan               : 20 April s.d. 21 Mei 2011 

Masalah yang merupakan fokus perbaikan :
1.        Siswa kurang memahami penjelasan Guru;
2.        Hasil belajar siswa rendah;
3.        Rendahnya minat siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
4.        Strategi dan metode  pembelajaran kurang variatif dan berpusat pada murid.



Bandungbaru,    Mei 2011
Peneliti,



MARIA
NIM  819 007 286
Mengetahui
Supervisor,




Dra. SITI AMINAH
NIP 19600806 198511 2 001

HALAMAN PENGESAHAN

Nama                                       : MARIA
N I M                                      : 819 007 286
Program Studi                         : S-1 PGSD
Tempat Mengajar                    : SD Negeri 02 Sidomulyo
Jumlah Siklus                          : 2 Siklus
Tempat Pelaksanaan                : SD Negeri 02 Sidomulyo Kecamatan Air Naningan
                                                  Kabupaten Tanggamus
Tanggal Pelaksanaan               : 20 April s.d. 21 Mei 2011 

Masalah yang merupakan fokus perbaikan :
1.        Siswa kurang memahami penjelasan Guru;
2.        Hasil belajar siswa rendah;
3.        Rendahnya minat siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
4.        Strategi dan metode  pembelajaran kurang variatif dan berpusat pada murid.



Bandungbaru,   Mei 2011
Peneliti,



MARIA
NIM : 819 007 286
Mengetahui
Supervisor,




Dra. SITI AMINAH
NIP 19600806 198511 2 001
LAPORAN HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN


Nama                                       : MARIA
N I M                                      : 819 007 286
Program Studi                         : S-1 PGSD
Tempat Mengajar                    : SD Negeri 02 Sidomulyo Kecamatan Air Naningan
                                                  Kabupaten Tanggamus
Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Alam
Jumlah Siklus                          : 2 Siklus
Waktu Pelaksanaan                 : 20 April s.d. 21 Mei 2011 
Tempat Pelaksanaan                : SD Negeri 02 Sidomulyo Kecamatan Air Naningan
                                                  Kabupaten Tanggamus

Masalah yang merupakan fokus perbaikan :
1.   Siswa kurang memahami penjelasan Guru;
2.   Hasil belajar siswa rendah;
3.    Rendahnya minat siswa dalam pembelajaran mata pelajaran IPA
4.    Strategi dan metode  pembelajaran kurang variatif dan berpusat pada murid.


Sidomulyo,    Mei 2011
Peneliti,



MARIA
NIM : 819 007 286
Mengetahui
Supervisor,




Dra. SITI AMINAH
NIP 19600806 198511 2 001
LAPORAN HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN


Nama                                       : MARIA
N I M                                      : 819 007 286
Program Studi                         : S-1 PGSD
Tempat Mengajar                    : SD Negeri 02 Sidomulyo Kecamatan Air Naningan
                                                  Kabupaten Tanggamus
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Kewarganegaraan
Jumlah Siklus                          : 2 Siklus
Waktu Pelaksanaan                 : 20 April s.d. 21 Mei 2011 
Tempat Pelaksanaan                : SD Negeri 02 Sidomulyo Kecamatan Air Naningan
                                                  Kabupaten Tanggamus

Masalah yang merupakan fokus perbaikan :
1.   Siswa kurang memahami penjelasan Guru;
2.   Hasil belajar siswa rendah;
3.    Rendahnya minat siswa dalam pembelajaran mata pelajaran PKn
4.    Strategi dan metode  pembelajaran kurang variatif dan berpusat pada murid.


Sidomulyo,     Mei 2011
Peneliti,



MARIA
NIM : 819 007 286
Mengetahui
Supervisor,




Dra. SITI AMINAH
NIP 19600806 198511 2 001
SISTEMATIKA LAPORAN

Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                        : V (lima)
Waktu                      : Tanggal  20 April s.d. 21 Mei 2011

Masalah Yang Akan Diatasi :
1.   Rendahnya motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa
2.   Rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa
3.   Siswa cepat merasa bosan pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
4.   Siswa kurang berminat untuk mengetahui dan menyelidiki hal-hal baru
           
Cara Mengatasi :
Guru berupaya melakukan :
  1. Variasi gaya mengajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
  2. Variasi dalam pola interaksi belajar Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Penggunaan alat bantu dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Hasil :
Setelah dilakukan upaya perbaikan :
  1. Siswa tidak merasa cepat bosan dalam kegiatan pembelajaran
  2. Motivasi belajar siswa meningkat
  3. Variasi gaya belajar siswa yang beraneka ragam dapat terlayani
  4. Siswa terlibat dalam proses pembelajaran secara aktif
  5. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan










SISTEMATIKA LAPORAN

Mata Pelajaran         : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                        : V (lima)
Waktu                      : Tanggal  20 April s.d. 21 Mei 2011

Masalah Yang Akan Diatasi :
1.      Rendahnya minat belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa
2.   Rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa
3.   Siswa cepat merasa bosan pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
4.   Siswa kurang berminat untuk mengetahui dan menyelidiki hal-hal baru
           
Cara Mengatasi :
Guru berupaya melakukan :
1.   Variasi gaya mengajar dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
2.   Variasi dalam pola interaksi belajar Pendidikan Kewarganegaraan
3.   Penggunaan alat bantu dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Hasil :
Setelah dilakukan upaya perbaikan :
1.   Siswa tidak merasa cepat bosan dalam kegiatan pembelajaran
2.   Motivasi belajar siswa meningkat
3.   Variasi gaya belajar siswa yang beraneka ragam dapat terlayani
4.   Siswa terlibat dalam proses pembelajaran secara aktif
5.   Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan











LEMBAR OBSERVASI

Mata Pelajaran                        : IPA
Kelas                                       : V (Lima)
Hari/Tanggal                           : Kamis, 19 Mei 2011
Fokus Observasi                      : Keterampilan Variasi Pembelajaran

No.
Aspek yang Diopservasi
Kemunculan
Komentar
Ada
Tidak
1
Variasi Suara



2
Pemusatan perhatian



3
Kesenyapan kelas



4
Mengadakan Kontak pandang



5
Gerakan Badan dan Mimik



6
Prubahan Posisi Guru



7
Kegiatan Klasikal



8
Kegiatan Kelompok Kecil



9
Kegiatan Berpasangan



10
Kegiatan perorangan



11
Alat Bantu Pengajaran yang Dapat :




a. Dilihat




b. Didengar




c. Diraba dan dimanipulasi







Pengamat,


ANDRIANSYAH, S.Pd.
NIP 19851216 201101 1 004

LEMBAR OBSERVASI

Mata Pelajaran                        : Pendidikan Kewarganegaran
Kelas                                       : V (Lima)
Hari/Tanggal                           : Rabu, 18 Mei 2011
Fokus Observasi                      : Keterampilan Variasi Pembelajaran

No.
Aspek yang Diopservasi
Kemunculan
Komentar
Ada
Tidak
1
Variasi Suara



2
Pemusatan perhatian



3
Kesenyapan kelas



4
Mengadakan Kontak pandang



5
Gerakan Badan dan Mimik



6
Prubahan Posisi Guru



7
Kegiatan Klasikal



8
Kegiatan Kelompok Kecil



9
Kegiatan Berpasangan



10
Kegiatan perorangan



11
Alat Bantu Pengajaran yang Dapat :




a. Dilihat




b. Didengar




c. Diraba dan dimanipulasi





Pengamat,



ANDRIANSYAH, S.Pd.
NIP 19851216 201101 1 004


LOGO_UT1UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UPBJJ BANDAR LAMPUNG
 

LEMBAR KONSULTASI LAPORAN PKP
1.
Judul Laporan
:
PENINGKATAN   MOTIVASI  DAN HASIL BELAJAR   SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA DAN PKn KELAS V  SD NEGERI 2 SIDOMULYO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
2.   Identitas Peneliti                                      :
N A M A                                        : MARIA
NIM                                               : 819 007 286
PROGRAM STUDI                      : S-1 PGSD
MASA UJIAN                               : 2011.1
KELOMPOK BELAJAR               :  ADILUWIH

NO
HARI /
TANGGAL
HAL-HAL YANG DIBICARAKAN
PARAF














Bandungbaru,      Mei 2011
Supervisor,



Dra. SITI AMINAH
NIP 19600806 198511 2 001

PENILAIAN LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN


Nama                                       : MARIA
NIM                                        : 819 007 286
Program Studi                         : S-1 PGSD
UPBJJ-UT                               : Bandar Lampung
Masa Ujian                              : 2011.1


No.
Aspek yang Dinilai
Skor Maksimal
Skor Yang Diperoleh
1
Pendahuluan
5

2
Perencanaan Perbaikan Pembelajaran


a. Identifikasi Masalah
8

b. Analisis dan Perumusan Masalah
8

c. Rencana Perbaikan
10

3
Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran


a. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
3

b. Prosedur Pelaksanaan
15

c. Hal-hal yang Unik
5

4
Temuan (Hasil  yang Diperoleh)


a. Hasil Pengolahan Data
8

b. Deskripsi Temuan dan Refleksi
10

c. Pembahasan
15

5
Kesimpulan dan Saran Tindak Lanjut


a. Kesimpulan
6

b. Saran Tindak Lanjut
7


Jumlah
100



Bandungbaru,      Mei 2011
Penilai,




Dra. SITI AMINAH
NIP 19600806 198511 2 001



PENILAIAN LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN


Nama                                       : MARIA
NIM                                        : 819 007 286
Program Studi                         : S-1 PGSD
UPBJJ-UT                               : Bandar Lampung
Masa Ujian                              : 2011.1


No.
Aspek yang Dinilai
Skor Maksimal
Skor Yang Diperoleh
1
Pendahuluan
5

2
Perencanaan Perbaikan Pembelajaran


a. Identifikasi Masalah
8

b. Analisis dan Perumusan Masalah
8

c. Rencana Perbaikan
10

3
Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran


a. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
3

b. Prosedur Pelaksanaan
15

c. Hal-hal yang Unik
5

4
Temuan (Hasil  yang Diperoleh)


a. Hasil Pengolahan Data
8

b. Deskripsi Temuan dan Refleksi
10

c. Pembahasan
15

5
Kesimpulan dan Saran Tindak Lanjut


a. Kesimpulan
6

b. Saran Tindak Lanjut
7


Jumlah
100



Bandungbaru,      Mei 2011
Penilai,




Dra. SITI AMINAH
NIP 19600806 198511 2 001



FORMAT KESEDIAAN SEBAGAI TEMAN SEJAWAT
DALAM PENYELESAIAN PKP



Kepada Yth.

Kepala UPBJJ UT Lampung
Di
         Bandar Lampung



Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa :

Nama                                       : ANDRIANSYAH, S.Pd.
NIP                                          : 19851216 201101 1 004
Tempat Mengajar                    : SD Negeri 2 Sidomulyo
Alamat  Sekolah                      : Sidomulyo Kecamatan Air Naningan
Telepon                                    :  -

Menyatakan bersedia sebagai teman sejawat untuk mendampingi dalam pelaksanaan PKP atas nama :

Nama                                       : M A R I A
NIM                                         : 819 007 286
Program Studi                          : S1 PGSD
Tempat Mengajar                    : SD Negeri 2 Sidomulyo
Alamat  Sekolah                      : Sidomulyo Kecamatan Air Naningan
Telepon                                    :  -

Demikian agar surat ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.





                                                                                          Sidomulyo, 02 Mei 2011
       Mengetahui                                                                Teman Sejawat
       Kepala Sekolah





      ZAINAL ABIDIN, S.Pd.                                          ANDRIANSYAH, S.Pd.
      NIP 19680318 199103 1 004                                     NIP 19851216 201101 1 004


SURAT PERNYATAAN




Nama                                   : M A R I A
NIM                                     : 819 007 286
UPBJJ UT                            : Bandar Lampung

Menyatakan bahwa              

Nama                                    : ANDRIANSYAH, S.Pd.
Tempat Mengajar                 : SD Negeri 2 Sidomulyo Kec. Air Naningan
Guru Kelas                           : V (Lima)

Adalah teman sejawat yang akan membantu dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang merupakan tugas mata kuliah PDGK 4501 Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP).

Demikian pernyataan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.


                                                                                             Sidomulyo,  02 Mei 2011
            Teman Sejawat                                                        Yang Membuat Pernyataan



             ANDRIANSYAH, S.Pd.                                            M A R I A
             NIP 19851216 201101 1 004                                 NIM 819 007 286



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL  .................................................................................................    i
HALAMAN PENGESAHAN .....................................................................................   ii
LAPORAN HASIL PERBAIKAN .....................................................................            iii
SISTEMATIKA LAPORAN .............................................................................            iv
KATA PENGANTAR .......................................................................................            v
DAFTAR ISI ....................................................................................................           vi
DAFTAR TABEL..............................................................................................         viii

BAB   I                    :  PENDAHULUN
A.   Latar Belakang Masalah .........................................             1
B.   Rumusan Masalah ..................................................             5
C.   Tujuan Penelitian ...................................................             5
D.   Manfaat Penelitian .................................................             6

BAB  II                     :  KAJIAN PUSTAKA
A.     Pengertian Motivasi Belajar...................................             7
B.     Pengertian Prestasi Belajar ....................................             8
C.     Pengertian Pendekatan  Mastery Learning ............             9

BAB  III                    :  PELAKSANAAN PENELITIAN
                                      A.  Subjek Penelitian ........................................................... 12
                                      B.  Deskripsi Pelaksanaan Penelitian Per Siklus ..........           13

vi

BAB  IV                    :  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN  
                                     A. Deskripsi Hasil Penelitian .......................................           19
                                          1.  Hasil Temuan yang Diperoleh ...........................           19
                                          2. Peningkatan Hasil Belajas Siswa .........................           20
                                     B. Pembahasan ............................................................           20
                                          1. Siklus I ...............................................................           20
                                          2. Siklus II ..............................................................           22
                                         
BAB    V                     : KESIMPULAN DAN TINDAK LANJUT
                                      A.  Kesimpulan ..........................................................           24
                                      B. Saran dan Tindak Lanjut.........................................           25

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN











vii





DAFTAR TABEL


TABEL 1 : DATA NILAI ULANGAN HARIAN PRA SIKLUS ...............           4
TABEL 2 : LEMBAR PENGAMATAN 1 ....................................................          15
TABEL 3 : LEMBAR PENGAMATAN 2 ....................................................          16
TABEL 4 : LEMBAR PENGAMATAN 3 ....................................................          17
TABEL 5 : NILAI HASIL BELAJAR IPA SISWA SIKLUS 1 – 2 ............          19
TABEL 6 : PROSENTASE HASIL BELAJAR IPA SISWA ......................          20
TABEL 7 : PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA ...................          19








viii
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL  ..............................................................................................    i
HALAMAN PENGESAHAN .................................................................................  ii
LAPORAN HASIL PERBAIKAN ...............................................................          iii
SISTEMATIKA LAPORAN .........................................................................           iv
KATA PENGANTAR ....................................................................................            v
DAFTAR ISI ..................................................................................................           vi
DAFTAR TABEL............................................................................................        viii

BAB   I                    :  PENDAHULUN
A.   Latar Belakang Masalah .......................................            1
B.   Rumusan Masalah .................................................            4
C.   Tujuan Penelitian ..................................................            4
D.   Manfaat Penelitian ................................................            5

BAB  II                     :  KAJIAN PUSTAKA
A.    Pengertian Motivasi Belajar..................................            6
B.     Pengertian Prestasi Belajar ..................................            6
C.     Pengertian Pendekatan  Mastery Learning ..........            7

BAB  III                    :  PELAKSANAAN PENELITIAN
                                      A.  Subjek Penelitian ..........................................................   9
                                      B.  Deskripsi Pelaksanaan Penelitian Per Siklus ........          10
vi

BAB  IV                    :  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN  
                                     A. Deskripsi Hasil Penelitian ......................................          16
                                          1.  Hasil Temuan yang Diperoleh ..........................          16
                                          2. Peningkatan Hasil Belajas Siswa .......................          17
                                     B. Pembahasan ...........................................................          17
                                          1. Siklus I ...............................................................          17
                                          2. Siklus II .............................................................          19
                                         
BAB    V                     : KESIMPULAN DAN TINDAK LANJUT
                                      A.  Kesimpulan ..........................................................          21
                                      B. Saran dan Tindak Lanjut.......................................          22

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN









vii



DAFTAR TABEL


TABEL 1 : DATA NILAI ULANGAN HARIAN PKN PRA
                   SIKLUS ................................................................          2
TABEL 2 : RENTANG NILAI PKN PRA SIKLUS ................          3
TABEL 3 : JADWAL PENELITIAN MAPEL PKn .................          9
TABEL 4 : LEMBAR PENGAMATAN 1 ...............................        12
TABEL 5 : LEMBAR PENGAMATAN 2 ...............................        12
TABEL 6 : LEMBAR PENGAMATAN 3 ...............................        14
TABEL 7 : NILAI HASIL BELAJAR PKn SISWA
                    SIKLUS 1 – 2 ......................................................        16
TABEL 8 : PROSENTASE HASIL BELAJAR PKn SISWA ..        17
TABEL 9 : PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA               21



viii





















LAMPIRAN-LAMPIRAN :



No comments: