Friday, April 6, 2012

RPP BAHASA INDONESIA KELAS VI (BERKARAKTER)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :   3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                          :   2 X 35 menit

MEMBACA
A.    .Kompetensi Dasar
3.2   Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus ( majalahanak,Koran dll )

B.     Indikator
§  Membaca intensif teks bacaan
§  Menyatakan pernyataan  yang sesuai dengan isi bacaan
§  Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
§  Menanggapi isi bacaan

C.    Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Membaca intensif teks bacaan
§  Siswa dapat Menyatakan pernyataan  yang sesuai dengan isi bacaan
§  Siswa dapat Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
§  Siswa dapat Menanggapi isi bacaan

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi Pokok
§  Teks Bacaan

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan  yang  akan dibaca atau didengar

§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca intensif teks bacaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
F Mencatat informasi penting dari bacaan
F Menanggapi isi bacaan  
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

F.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

G.    Penilaian             
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa membaca intensif teks     bacaan
·  Siswa menyatakan pernyataan     yang sesuai dengan isi bacaan
·  Siswa mencatat informasi- informasi penting dari bacaan
·  Siswa menanggapi isi bacaan

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah pernyataan yang  sesuai dengan isi bacaan !
·  Buatlah catatan informasi- informasi penting dari bacaan!




FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
Mengetahui,
Kepala MI Miftahul Ulum Wr.sari



Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
Waringinsari Barat,       Juli 2010
Guru Mata Pelajaran



Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP  19660718 200501 1 001
                                                                                       
                                                                                               

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                          :  4 X 35 menit

 MENULIS
A.    Kompetensi Dasar
4.1.Mengisi formulir  ( pendaftaran , kartu anggota, wesel pos,kartu pos,daftar riwayat hidup dll ) dengan benar

B.     Indikator
§  Memahami   penulisan wesel pos
§  Mengisi wesel pos berdasarkan keterangan yang  sudah ditentukan
§  Memahami kalimat anjuran
§  Memilih kalimat  anjuran yang tepat
§  Membuat kalimat  anjuran

C.    Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Memahami   penulisan wesel pos
§  Siswa dapat Mengisi wesel pos berdasarkan keterangan yang  sudah ditentukan
§  Siswa dapat Memahami kalimat anjuran
§  Siswa dapat Memilih kalimat  anjuran yang tepat
§  Siswa dapat Membuat kalimat  anjuran

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.    Materi Pokok
§  Wesel pos

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami  cara penulisan wesel pos
F Memahami kalimat anjuran yang tepat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengisi wesel pos berdasrkan keterangan yang sudah ditentukan                     
F Membuat kalimat anjuran
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Mengisi  blanko wesel pos dan mengirimkannya ke alamat teman,saudara ,atau orang tua

F.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat memahami   penulisan wesel pos
·  Siswa dapat mengisi wesel pos   berdasar-kan keterangan yang sudah ditentukan
·  Siswa dapat memahami kalimat  anjuran
·  Siswa dapat memilih kalimat  anjuran yang tepat
·  Siswa dapat membuat kalimat  anjuran
Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Isilah  wesel pos   berdasar-kan keterangan yang sudah ditentukan!




FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
Mengetahui,
Kepala MI Miftahul Ulum Wr.sari



Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
Waringinsari Barat,       Juli 2010
Guru Mata Pelajaran



Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP  19660718 200501 1 001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                          :  4 X 35 menit

 MENULIS
A.    Kompetensi Dasar
4.2. Membuat ringkasan  dari teks yang dibaca atau didengar

B.     Indikator
§  Membaca cerita   pendek
§  Menjawab   pertanyaan berdasarkan cerita yang dibaca
§  Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
§  Meringkas cerita  yang dibaca berdasarkan urutan peristiwa
§  Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang  terdapat dalam teks bacaan
§  Mencari antonym  kata yang terdapat dalam  bacaan

C.    Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Membaca cerita   pendek
§  Siswa dapat Menjawab   pertanyaan berdasarkan cerita yang dibaca
§  Siswa dapat Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
§  Siswa dapat Meringkas cerita  yang dibaca berdasarkan urutan peristiwa
§  Siswa dapat Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang  terdapat dalam teks bacaan
§  Siswa dapat Mencari antonym  kata yang terdapat dalam  bacaan
    
v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.    Materi Pokok
§  Teks Cerita pendek

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
Apersepsi  dan Motivasi :

Kegiatan Awal      :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang teks cerita pendek yang akan dibacakan
§  Kegiatan Inti          
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca cerita pendek
F Menjawab pertanyaan berdasrkan cerita pendek    yang dibaca                   
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
F Meringkas cerita pendek yang dibaca
F Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam ceriota yang dibaca
F Mencari antonym kata-kata yang terdapat dalam  cerita yang dibaca
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca cerita pendek yang lain dan meringkas isi ceritanya
F Menentukan antonym dan sinonim kata yang ada dalam cerita pendek yang dibaca
F.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat membaca cerita pendek
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasar-kan cerita  yang dibaca
·  Siswa dapat menentukan urutan peristiwa cerita pendek
·  Siswa dapat meringkas cerita yang dibaca berdasar-kan urutan  peristiwa
·  Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan
·  Siswa dapat mencari antonym  kata yang terdapat dalam bacaan

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jawablah pertanyaan berdasar-kan cerita  yang di baca!
·  Buatlah ringkasan cerita yang dibaca berdasar-kan urutan  peristiwa!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
Mengetahui,
Kepala MI Miftahul Ulum Wr.sari



Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
Waringinsari Barat,       Juli 2010
Guru Mata Pelajaran



Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP  19660718 200501 1 001

No comments: