Friday, April 6, 2012

RPP BAHASA INDONESIA KELAS VI (BERKARAKTER)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :   2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                          :   2 X 35 menit

BERBICARA
A.    Kompetensi Dasar
2.2  Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu  hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

B.     Indikator
§  Memperagakan  percakapan  bersama teman
§  Membuat  kalimat  pujian
§  Membuat percakapan sederhana  dengan menggunakan kalimat pujian
§  Memperagakan percakapan yang     telah dibuat

C.    Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Memperagakan  percakapan  bersama teman
§  Siswa dapat Membuat  kalimat  pujian
§  Siswa dapat Membuat percakapan sederhana  dengan menggunakan kalimat pujian
§  Siswa dapat Memperagakan percakapan yang     telah dibuat

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi Pokok
§  Kalimat pujian

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang kalimat pujian yang pernah diucapkan atau didengarnya
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyampaikan informasi penting secara lisan   

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan wawancara bersama teman
F Menycatat informasi penting dalam wawancara tersebut
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun kalimat pujian

F.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat  memperagakan perca-kapan  bersama teman
·  Siswa dapat membuat kalimat pujian
·  Siswa dapat membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
·  Siswa dapat memperagakan percakapan  yang telah dibuat

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah beberapa kalimat pujian !





FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
Mengetahui,
Kepala MI Miftahul Ulum Wr.sari



Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
Waringinsari Barat,       Juli 2010
Guru Mata Pelajaran



Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP  19660718 200501 1 001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :   3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                          :   2 X 35 menit

MEMBACA
A.    Kompetensi Dasar
3.1   Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan

B.     Indikator
§  Membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
§  Menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
§  Menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
§  Melaporkan hasil pengamatan di depan kelas

C.    Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
§  Siswa dapat Menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
§  Siswa dapat Melaporkan hasil pengamatan di depan kelas

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.    Materi Pokok
§  Laporan hasil pengamatan

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan laporan pengamatan   yang akan dibaca
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca laporan hasil pengamatan
F Membahas isi laporan hasil pengamatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca laporan hasil pengamatan yang relepan kemudian mencatat isinya

F.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
·  Siswa dapat menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
·  Siswa dapat melaporkan hasil pengama-tan di depan kelas

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jawablah pertanyaan berdasarkan isi laporan pengama-tan !



FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
Mengetahui,
Kepala MI Miftahul Ulum Wr.sari



Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
Waringinsari Barat,       Juli 2010
Guru Mata Pelajaran



Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP  19660718 200501 1 001











No comments: