Friday, April 6, 2012

PTK SKRIPSI QURAN HADITS MELALUI METODE KOOPERATIF STAD


UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI  METODE PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS KELAS VI  MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL
ULUM WARINGINSARI BARAT SUKOHARJO
TAHUN PELAJARAN 2011/2012


SKRIPSI

Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat-syarat
guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
dalam Ilmu Tarbiyah


OLEH :

ASLIHATUN
NPM : 0911010890

Jurusan : PGMI/PAI

Pembimbing I          : Drs. H. ALINIS ILYAS, M.Ag.
Pembimbing II         : Dra. Y E T R I, M.Pd.


PROGRAM DUAL MODE SISTEM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
1433 H. / 2012 M
ABSTRAK

Al Quran merupakan pedoman hidup bagi setiap muslim, yang wajib dijalankan dalam praktek kehidupan sehari-hari. Untuk bisa mengamalkan secara utuh, baik, dan benar apa yang terkandung dalam al Quran, maka setiap muslim dituntut untuk mengetahui isi dan kandungan al Quran. Untuk pembelajaran memahami isi dan kandungan al Quran telah dilaksanakan pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah yaitu pemahaman isi dan kandungan al Quran surat-surat pendek.
Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinsari Barat Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan model cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran al Quran Hadits pokok bahasan memahami isi dan kandungan surat ad Duha kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinsari Barat Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinsari Barat Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Analisis data diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan peningkatan indikator keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran melalui pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) mata pelajaran al Quran Hadits pokok bahasan memahami isi dan kandungan surat ad Duha.
Penelitian dilakukan dengan II Siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinsari Barat Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD), yang ditandai dengan rata-rata prestasi/hasil belajar peserta didik 72,00 pada siklus I dan meningkat menjadi 85,25 pada siklus II. Demikian pula ketuntasan belajarnya 75% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada materi pokok memahami isi dan kandungan surat ad Duha. Pada siklus I ke siklus II naik sebesar 13,25, dan prosentase ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 15%. Terdapat dua peserta didik yang tidak tuntas dikarenakan tidak mencapai skor minimal yang tentukan yaitu 65.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran al Quran Hadits dengan menggunakan  model cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) prestasi/hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan.

.
KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH
Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I Bandar Lampung Telp. (0721) 703260

PERSETUJUAN
Judul Skripsi
:
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI  METODE PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS KELAS VI  MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI BARAT SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012



Nama Mahasiswa
:
ASLIHATUN
NPM
:
0911010890
Jurusan
:
PGMI / PAI
Fakultas
:
Tarbiyah

MENYETUJUI
Untuk dimunaqasahkan dalam Sidang Munaqasah
Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Bandar Lampung

Pembimbing I
Pembimbing II



Drs. H. ALINIS ILYAS, M.Ag.
NIP. 19571115 199203 1001



Dra. Y E T R I, M.Pd.
NIP. 19651215 199403 2001



Mengetahui
Ketua Program Dual Mode System
Fakultas Tarbiyah




Dr. H. SULTHAN SYAHRIL, M.A.

                                           NIP. 19560611 198803 1001





         KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
       FAKULTAS TARBIYAH

Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I Bandar Lampung Telp. (0721) 703260

PENGESAHAN
Skripsi dengan judul : “UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI  METODE PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS KELAS VI  MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI BARAT SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012”, disusun oleh :ASLIHATUN, NPM : 0911010890, Jurusan : Pendidikan Agama Islam/Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, telah diujikan dalam siding Munaqasyah Fakultas Tarbiyah pada  Hari / Tanggal :

TIM PENGUJI


Ketua
:

(……………………)
Sekretaris
:

(……………………)
Penguji I
:

(……………………)
Penguji II
:

(……………………)


Dekan Fakultas Tarbiyah





Prof. Dr. H. SYAIFUL ANWAR, M.Pd.
NIP. 19611109199003 1 003
MOTTO


äí÷Š$# 4n<Î) È@Î6y y7În/u ÏpyJõ3Ïtø:$$Î/ ÏpsàÏãöqyJø9$#ur ÏpuZ|¡ptø:$# ( Oßgø9Ï»y_ur ÓÉL©9$$Î/ }Ïd ß`|¡ômr& 4 ¨bÎ) y7­/u uqèd ÞOn=ôãr& `yJÎ/ ¨@|Ê `tã ¾Ï&Î#Î6y ( uqèdur ÞOn=ôãr& tûïÏtGôgßJø9$$Î/ ÇÊËÎÈ

Artinya : Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS An Nahl : 125).[*]


















PERSEMBAHAN


Ku persembahkan Skripsi ini kepada:
1.       Ayah dan ibundaku tercinta (Ngadiman dan Purniati) yang senantiasa menyayangiku.dan membimbingku, tanpa ada kata lelah dan bosan,
2.      Suamiku Tersayang (Wahidin) yang selalu setia mendampingi dan memotivasi dalam semua suka dukaku.
3.      Kakak-kakakku dan adik-adikku semua yang selalu memberikan dorongan akan keberhasilanku.
4.      Teman-temanku semua senasib seperjuangan di MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat, hanya bisa kuucapkan selamat berjuang dan berkarya untuk yang terbaik…
5.      Almamaterku tercinta IAIN Raden Intan Lampung
6.      Buah hatiku yang manis kau Anakku yang ku sayang dan ku banggakan….














RIWAYAT HIDUP


Aslihatun, dilahirkan di Srimulyo, pada tanggal 15 Juni 1975. Anak dari pasangan Ayah Ngadiman dan ibu Purniati. Pendidikan dasar ditempuh di SDN 2 Srimulyo Kecamatan Kalirejo lulus pada tahun 1989. Pendidikan Menengah Pertama ditempuh di MTs lulus pada tahun1992. dan Sekolah Menengah Atas di  MA  lulus pada tahun 1996.

Penulis telah menyelesaikan studi D-2 di IAIN lulus pada tahun 2001, kemudian melanjutkan ke jenjang lebih tinggi yaitu pada program S1 PAI di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.


Yang membuat



ASLIHATUN











KATA PENGANTAR


Syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Ilahi Rabbi, Sang Penguasa Pemelihara Alam yang tidak pernah berhenti dalam menganugerahkan segala nikmat, rahmat dan Inayah-Nya kepada seluruh hambanya di muka bumi. Atas limpahan rahmat-Nya penulis haturkan sembah sujud karena telah diberi kesempatan untuk merampungkan skripsi ini. Hambatan-hambatan yang ada dalam penulisan skripsi bukan suatu keluhan bagi penulis, namun dengan kesadaran diri dan introspeksi diri bahwa penulis merupakan hamba Allah yang tidak dapat dipisahkan dari sifat lupa, lemah dan lalai.
Penulisan ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas akhir Program Sarjana (S1) Pendidikan agama Islam. Dan pemilihan judul “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui  Metode Pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achievement Division Pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits Kelas VI  Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinsari Barat Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012” dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui metode Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Pada Mata  Pelajaran Al Quran Hadits..
Selanjutnya, penulis menyadari bahwa skripsi ini tentu tidak mungkin bisa rampung tanpa bantuan berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada pihak-pihak tersebut di bawah ini:
1.      Bapak Prof. Drs. H. Syaiful Anwar, M.Pd. selaku dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
2.      Bapak Dr. Sulthan Syahril, M.A. selaku ketua Program Dual Mode System Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
3.      Bapak Drs. H. Alinis Ilyas, M.Ag., dan Ibu Dra. Yetri, M.Pd.. selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing dan mengarahkan penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
4.      Ibu Dra. Etiek Jukhaeni, selaku Kepala MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melakukan penelitian di Madrasah tersebut.
5.      Segenap Dewan Guru MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat yang telah memberikan dukungan dan kemudahan-kemudahan dalam melakukan penelitian.
6.      Ayah dan Ibu tercinta serta suamiku tersayang yang selalu mendoakan akan kesuksesanku.
7.      Kakak-kakakku dan adik-adikku serta sahabat-sahabatku dan semua teman dari jurusan PAI maupun dari jurusan lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Penulis menyadari bahwa sebagai manusia tidak pernah ada kata sempurna, demikian juga dengan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari segenap pembaca dan pemerhati guna penyempurnaan penulisan skripsi ini. Akhirnya penulis mengharap skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umunya. Amien Ya Rabbal 'Alamin.


Pringsewu, 16 Februari 2012
Penulis,           


ASLIHATUN
NPM. 0911010890









DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………..
ABSTRAK …………………………………………………………………..
PERSETUJUAN PEMBIMBING ………………………………………...
PENGESAHAN …………………………………………………………….
MOTTO ……………………………………………………………………..
PERSEMBAHAN …………………………………………………………..
RIWAYAT HIDUP …………………………………………………………
KATA PENGANTAR ……………………………………………………...
DAFTAR ISI ………………………………………………………………..
DAFTAR TABEL ………………………………………………………….
DAFTAR GAMBAR ……………………………………………………….
DAFTAR LAMPIRAN …………………………………………………….
i
ii
iii
iv
v
vi
vii
viii
xi
xv
xvii
xviii

BAB I             : PENDAHULUAN
A.      Penegasan Judul ………………………………….…………      1
B.       Alasan Memilih Judul ……………………………….……...      3
C.       Latar Belakang Masalah …………………………….………     3
D.      Rumusan Masalah ……………………………………..…….     7
E.       Tujuan dan Kegunaan Penelitian ……………………….……    7
F.        Metodologi Penelitian ………………………………….……   8
BAB II            : LANDASAN TEORI
A.  Konsep Belajar dan Pembelajaran …………………….…….    20
1.  Pengertian Belajar dan Pembelajaran ………….……….   20
2. Prinsip-prinsip Belajar ……………………….…………..    21
3.  Teori-teori Belajar ……………………………….………  24
4. Pandangan Islam tentang Belajar ……………………….   26
B.  Prestasi Belajar …………………………………….…………   28
1. Pengertian Prestasi Belajar ……………………………….   28
2. Aspek-aspek Prestasi Belajar …………………………….   29
3. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar ……   31
4. Cara Menentukan Prestasi Belajar ……………………….    33
C. Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement
Division ……………………………………………….………   33
1. Pengertian Pembelajaran Koperatif Tipe Student Teams
     Achievement Division (STAD) ………………………….    33
2. Komponen-komponen Pembelajaran Koperatif tipe
    Teams Achievement Division (STAD) ………….………..    34
3. Langkah-langkah Pembelajaran Koperatif tipe
    Student Team Achievement Division …………….……….  37
D. Pembelajaran Al Quran Hadits Madrasah Ibtidaiyah …….…..   38
1. Pengertian Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits di
    Madrasah Ibtidaiyah ……………………………………..    38

2. Tujuan Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits di Madrasah

     Ibtidaiyah …………………………………….…………..   40

3. Ruang Lingkup Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits
    di Madrasah Ibtidaiyah …………………….…………….    40
4. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar .....................    41
BAB III          : PENYAJIAN DATA LAPANGAN
A. Latar Belakang Objek Penelitian …………………………..   42
1. Identitas Madrasah ………………………………………   42
2. Sejarah Berdirinya MIS Miftahul Ulum Waringinsari
    Barat Pringsewu …………………………………….……   42
3. Letak Geografis …………………………………….……    44
4. Visi dan Misi ……………………………………………    46
5. Struktur Organisasi ……………………………………..    47
6. Keadaan Guru, Karyawan dan Peserta didik ………….…    47
7. Sarana dan Prasarana ……………………………………   49
8.  Kegiatan Pembelajaran ………………………….……..    51
9.  Kegiatan Ekstrakurikuler ………………………………   52

B. Penyajian Data Lapangan ………………………………….     52
1. Paparan Data Sebelum Tindakan ………………………..    52
2. Penerapan  Metode Pembelajaran Koperatif tipe
 Student Team Achievement Division (STAD)
 dalam  Meningkatkan  Prestasi Belajar Peserta
 Didik pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits  ……………    57
a. Siklus I …………………………………….…………   57

b. Siklus II …………………………………….……….     63

3. Data Aktivitas Guru selama Kegiatan Pembelajaran……...  70
4. Data Prestasi/Hasil Belajar Peserta Didik …………...…..    75
BAB IV          : PENGOLAHAN DAN ANALISA DATA
A.      Pengolahan Data ……………………………………….……   82
1. Data Aktivitas Peserta Didik selama Kegiatan   
     Pembelajaran ……………………………………....……     82
  a. Siklus 1 …………………………………………….….    83
b. Siklus II …………………………………………….…    84
2. Data Aktivitas Guru dalam Pembelajaran ………….……    86
a.    Siklus I ……………………………………….………    87
b.    Siklus II ………………………………………….…..     90
3. Prestasi Belajar Peserta Didik …………………………..      90
a.   Siklus 1 ……………………………………………..      91
b.   Siklus II …………………………………………….      92
B. Analisa Data ………………………………………….…….     96
BAB V            : KESIMPULAN DAN PENUTUP
A.      Kesimpulan ……………………………… ………………..    99
B.    Saran ………………………………………………….…...   100
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

DAFTAR TABEL

Tabel 1
:
Hasil Tes Awal pra siklus Mata pelajaran asl Quran Hadits Kelas VI MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat 2011/2012
5




Tabel 2
:
Klasifikasi Persentase Skor Prestasi Belajar Peserta Didik ..
19




Tabel 3
:
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran Al Quran Hadits…………………………………………….
41




Tabel 4
:
Keadaan Guru MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu Tahun 2011/2012 ……..
48




Tabel 5
:
Keadaan Siswa MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu Tahun 2011/2012 ……..
49




Tabel 6
:
Data Ruang MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu 2011/2012 …………….
50




Tabel 7
:
Data Sanitasi Air Bersih MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu 2011/2012 ………
50




Tabel 8
:
Data Peralatan Kantor MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu 2011/2012 ………
51




Tabel 9
:
Lembar Penilaian Peserta Didik pada Pre Test Mata Pelajaran Al Quran Hadits Kelas VI MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Sukoharjo Pringsewu …………………
53




Tabel 10

:
Distribusi Skor Pre Test Mata Pelajaran Al Quran Hadits Kelas VI MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Pringsewu Tahun 2011/2012 ………………………………
55




Tabel 11

:
Lembar Observasi Aktivitas Belajar Peserta Didik MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Tahun Pelajaran 2011/2012 Pertemuan I Siklus I …………………………………. ……..
59




Tabel 12

:
Lembar Observasi Aktivitas Belajar Peserta Didik MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Tahun Pelajaran 2011/2012 Pertemuan 2 Siklus I …………………………………………
61




Tabel 13

:
Lembar Observasi Aktivitas Belajar Peserta Didik MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Tahun Pelajaran 2011/2012 Siklus II ………………………………………………………
65




Tabel 14

:
Distribusi rata-rata aktivitas peserta didik pada setiap siklus……………………………………………………….
67




Tabel 15
:
Skor Aktivitas Guru pada pertemuan 1 Siklus 1 ..................
70




Tabel 16
:
Skor Aktivitas Guru pada pertemuan 2 Siklus 1 ..................
71




Tabel 17
:
Skor Aktivitas Guru pada Siklus II ......................................
73




Tabel 18

:
Hasil Belajar Al Quran Hadits Peserta didik pada Materi Memahami Isi Kandungan Surat Ad Duha Siklus I ……….
75




Tabel 19

:
Hasil Belajar Al Quran Hadits Peserta didik pada Materi Memahami Isi Kandungan Surat Ad Duha Siklus II ………
77




Tabel 20

:
Hasil Belajar Al Quran Hadits Peserta didik pada Materi Memahami Isi Kandungan Surat Ad Duha  ……………….
79




Tabel 21
:
Perbandingan Hasil Penilain Prestasi Belajar Peserta Didik antara Pre Tes, Siklus I, dan Siklus II Mata Pelajaran Quran Hadits Melalui Pembelajaran STAD MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Tahun Pelajaran 2011/2012 ……………
97




Tabel 22

:
Peningkatan Hasil Tes Peserta Didik antara Pre Tes, Siklus I, dan Siklus II Mata Pelajaran Quran Hadits Melalui Pembelajaran STAD MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Tahun Pelajaran 2011/2012 ………………………………..
97

  











DAFTAR GAMBAR


Gambar 1
:
Alur pelaksanan Tindakan dalam PTK …………………….
9
Gambar 2
:
Letak Geografis Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu …………………………………………………
45






















DAFTAR LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.      Surat Ijin Penelitian
2.      Struktur organisasi MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat
3.      Jadwal Kegiatan Penelitian
4.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus 1
5.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus 2
6.      Kartu Konsultasi







[*] Depag RI., Al Quran dan Terjemahnya, PT. Intermasa, Jakarta, 1990,  hlm. 421

No comments: