Friday, April 6, 2012

PTK METODE TALKING STICK MATA PELAJARAN QURAN HADITS MI KELAS IV


PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS KELAS IV
MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN
SRIKATON KECAMATAN ADILUWIH
KABUPATEN PRINGSEWU

SKRIPSI

Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat-syarat
guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
dalam Ilmu Tarbiyah


OLEH :

SITI MUHIMATUL ALIYAH
NPM : 0911010925

Jurusan : PGMI/PAI


Pembimbing I          : Dra. ISTIHANA, M.Pd.
Pembimbing II         : Dra. Hj. ETI HADIATI, M.Pd


PROGRAM DUAL MODE SISTEM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
1433 H. / 2012 M
ABSTRAK


Siti Muhimatul Aliyah, 2012.  Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode Talking Stick Pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Srikaton Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu.  Al Quran Hadits, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas  Tarbiyah,  IAIN Raden Intan Lampung. Pembimbing :Dra. Istihana, Pd., dan Dra. Hj. Eti Hadiati, M.Pd.
Pembelajaran  yang selama ini kita lihat masih banyak menganut model pembelajaran  konvensional,  yaitu proses pembelajaran  yang berpusat pada guru dan selama itu pula kemampuan peserta didik untuk aktif  dalam proses pembelajaran dan kemandirian dalam belajar tidak akan tampak. Pembelajaran konvensional menganggap guru adalah satu-satunya sumber belajar yang dianggap serba tahu. Hal ini diperkuat oleh hasil observasi yang telah dilkukan oleh peneliti sebelum melakukan penelitian., dan terbukti saat pelajaran dimulai banyak peserta didik yang ngobrol sendiri dan kelihatan sekali mereka merasa bosan dengan metode yang dilakukan  oleh  guru  mata  pelajaran.  Hal  ini  di duga  akan  mempengaruhi prestasi belajar peserta didik di dalam kelas.
Berangkat  dari  permasalahan  di  atas  maka  dirumuskan masalah dalam  penelitian  ini  yaitu  Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode Talking Stick Pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Srikaton Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu.  Proses  pelaksanaan  model  pembelajaran  melalui  metode Talking Stick untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Quran Hadits Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Srikaton.  Proses  penilaian pembelajaran melalui  metode  Talking Stick  adalah untuk  meningkatkan  prestasi  belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Quran Hadits  Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Srikaton Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu.
Penelitian ini merupakan PTK. Tahap penelitian berupa siklus yang meliputi: perencanaan,  pelaksanaan,  observasi,  dan  refleksi.  Teknik-teknik  pengumpulan data   yang   digunakan   yaitu:   observasi;   pengukuran   tes   hasil   belajar;   dan dokumentasi.  Berdasarkan  hasil penelitian yang telah dilaksanakan  disimpulkan bahwa  penerapan  metode  Talking  stick  dapat  meningkatkan  Prestasi  belajar peserta didik
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Talking Stick dapat meningkatkan  prestasi  belajar  peserta didik  khususnya  pada  mata  pelajaran  Al Quran Hadits.ini terbukti  Pada pre test rata-rata nilai siswa 62,4 dan pada siklus I menjadi 71,6, yang berarti prestasi belajar peserta didik meningkat sebesar 9,2. Dan pada siklus II rata nilai peserta didik 82,4, yang berarti dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 10,8. Demikian juga tingkat ketuntasan belajarnya, dimana pada tes awal ketuntasan belajarnya mencapai 45 %, pada siklus I sebesar 80%, dan pada siklus II sebesar 92 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode talking stick dalam pembelajaran al Quran Hadits mampu meningkatkan prrestasi belajar peserta didik.



MOTTO

äí÷Š$# 4n<Î) È@Î6y y7În/u ÏpyJõ3Ïtø:$$Î/ ÏpsàÏãöqyJø9$#ur ÏpuZ|¡ptø:$# ( Oßgø9Ï»y_ur ÓÉL©9$$Î/ }Ïd ß`|¡ômr& 4 ¨bÎ) y7­/u uqèd ÞOn=ôãr& `yJÎ/
 ¨@|Ê `tã ¾Ï&Î#Î6y ( uqèdur ÞOn=ôãr& tûïÏtGôgßJø9$$Î/ ÇÊËÎÈ  

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah[845] dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang
siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih
mengetahui orang-orang yang  mendapat petunjuk.
(QS. An Nahl 125).[1]















PERSEMBAHAN


Dengan ketulusan dan kerendahan hati
ku persembahkan karya ini
Untuk sepasang mutiara hati yang memancarkan cinta kasih yang tak pernah usai, yang selalu mengasihiku
setulus hati dan sesuci doa (ayahku dan Ibuku) Restumu yang slalu menyertai setiap langkahku dari jerih payahmu kesuksesanku berasal, demi meniti masa depan.

Suamiku Tersayang ………yang selalu setia mendampingi dan memotivasi dalam semua suka dukaku.
Kakak-kakakku dan adik-adikku semua yang selalu memberikan dorongan akan keberhasilanku.
Teman-temanku semua senasib seperjuangan, hanya bisa kuucapkan  selamat berjuang dan berkarya untuk yang terbaik…
Buah hatiku yang manis kau Anakku yang ku sayang dan ku banggakan….

Almamaterku Tercinta… I Love you full……..











RIWAYAT HIDUP


SitiMuhimatul Aliyah, dilahirkan di Srikaton, pada tanggal 20 Februari 1975. Anak dari pasangan Ayah Muhammad Jalaludin dan ibu Siti Syarifah. Pendidikan dasar ditempuh di MI Hidayatul Mubtadiin Srikaton Kec. Adiluwih lulus pada tahun 1988. Pendidikan Menengah Pertama ditempuh di MTs. Roudlotus Sholihin Purwosari Lampung Tengah lulus pada tahun1992. dan Sekolah Menengah Atas di Madrasah Aliyah Al Hidayah Adiluwih Pringsewu lulus pada tahun1995.

Penulis telah menyelesaikan studi D2 di IAIN Raden Intan Lampung lulus pada tahun 2000, kemudian melanjutkan ke jenjang lebih tinggi yaitu pada program S1 PAI Program Dual Mode System di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.














KATA PENGANTAR


Syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Ilahi Rabbi, Sang Penguasa Pemelihara Alam yang tidak pernah berhenti dalam menganugerahkan segala nikmat, rahmat dan Inayah-Nya kepada seluruh hambanya di muka bumi. Atas limpahan rahmat-Nya penulis haturkan sembah sujud karena telah diberi kesempatan untuk merampungkan skripsi ini. Hambatan-hambatan yang ada dalam penulisan skrripsi ini bukan suatu keluhan bagi penulis, namun dengan kesadaran diri dan introspeksi diri bahwa penulis merupakan hamba Allah yang tidak dapat dipisahkan dari sifat lupa, lemah dan lalai.
Penulisan ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas akhir Program Sarjana (S1) Pendidikan agama Islam. Dan pemilihan judul “Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode Talking Stick Pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Srikaton Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu” dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui metode talking stick Pada Mata  Pelajaran Al Quran Hadits.
Selanjutnya, penulis menyadari bahwa skripsi ini tentu tidak mungkin bisa rampung tanpa bantuan berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada pihak-pihak tersebut di bawah ini:
1.  Bapak Prof. Drs. H. Syaiful Anwar, M.Pd. selaku dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
2. Ibu Dra. Istihana, M.Pd. dan Ibu Dra. Hj. Eti Hadiati, M.Pd., selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing dan mengarahkan penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
3. Bapak Dr. H. Sulthan Syahril, M.A. selaku ketua Program Dual Mode System Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
4. Bapak Sulaiman, A.Ma.Pd. selaku Kepala MI Hidayatul Mubtadiin Srikaton yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melakukan penelitian di Madrasah tersebut.
5. Segenap Dewan Guru MI Hidayatul Mubtadiin Srikaton yang telah memberikan dukungan dan kemudahan-kemudahan dalam melakukan penelitian.
6. Ayah dan Ibu tercinta yang selalu berdoa untuk kesuksesan anaknya.
7. Suamiku tersayang yang selalu mendoakan akan kesuksesanku, tanpa mengenal lelah selalu mendampingiku di kala suka maupun duka, pemberi semangat dan kehangatan yang tiada tara.
7. Kakak-kakakku dan adik-adikku serta sahabat-sahabatku dan semua teman dari jurusan PAI maupun dari jurusan lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Penulis menyadari bahwa sebagai manusia tidak pernah ada kata sempurna, demikian juga dengan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari segenap pembaca dan pemerhati guna penyempurnaan penulisan skripsi ini. Akhirnya penulis mengharap skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umunya. Amien Ya Rabbal 'Alamin.


Pringsewu, 16 Februari 2012
Penulis,           


SITI MUHIMATUL ALIYAH
NPM. 0911010925













DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………..
ABSTRAK …………………………………………………………………..
PERSETUJUAN PEMBIMBING ………………………………………...
PENGESAHAN …………………………………………………………….
MOTTO ……………………………………………………………………..
PERSEMBAHAN …………………………………………………………..
RIWAYAT HIDUP …………………………………………………………
KATA PENGANTAR ……………………………………………………...
DAFTAR ISI ………………………………………………………………..
DAFTAR TABEL ………………………………………………………….
DAFTAR GAMBAR ……………………………………………………….
DAFTAR LAMPIRAN …………………………………………………….
i
ii
iii
iv
v
vi
vii
viii
xi
xiv
xv
xvi

BAB   I
:
PENDAHULUAN
1


A.
Penegasan Judul …………………………………….……
1


B.
Alasan Memilih Judul …………………………………...
3


C.
Latar Belakang Masalah …………………………………
4


D.
Rumusan Masalah .………………………..……………..
9


E.
Tujuan dan Kegunan Penelitian …………………………
9


F.
Metodologi Penelitian ..…………………………………
10





BAB   II
:
LANDASAN TEORI
23


A.
Tinjauan Tentang Prestasi Belajar ………………………
23



1. Pengertian Prestasi Belajar ……………………………
23



2. Aspek-aspek Prestasi Belajar …………………………
25



3. Teori-teori Belajar ……………………………………
27



4. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar …
30



5. Indikator Prestasi Belajar …………………………….
32


B.
Tinjauan Tentang Metode Pembelajaran…………………
32



1. Pengertian Metode Pembelajaran.................................
32



2. Metode Dalam Perspektif Islam...................................
35



3. Metode Talking Stick  .................................................
41



a. Pengertian Metode Talking Stick  ….……….……..
41



b. Langkah-Langkah Pembelajaran Metode Talking Stick  ….  ……………….…………………………
41



c. Kelebihan dan Kekurangan Metode Talking Stick ..
42



4. Pelaksanaan Metode Pembelajaran..............................
42


C.
Pembelajaran Al Quran Hadits MI ......................................
43



1. Pengertian Al Quran Hadits MI.......................................
43



2. Tujuan Mata Pelajaran Al Quran Hadits MI......... ………
44



3. Ruang Lingkup Mata Pelajaran Al Quran Hadits  di MI ...
45



4. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar …. ………..
45

BAB   III
:
PENYAJIAN DATA LAPANGAN
47


A.
Latar Belakang Objek Penelitian ….……….……………
47



1. Identitas Madrasah ……………………………………
47



2. Sejarah Singkat Berdirinya MIS Hidayatul Mubtadiin Srikaton  …………………………………………………
48



3. Visi, Misi, dam Tujuan  MIS Hidayatul Mubtadiin Srikaton  …………………………………………………
48



4. Struktur Organisasi …………………………………..
49



6. Keadaan Guru, Karyawan, dan Peserta Didik ………..
50


B.
Penyajian Data Lapangan ……………………………….
52



1. Penyajian Data Sebelum Tindakan …………………
52



2. Penyajian Data Siklus I ………………………………
55



3. Penyajian Data Siklus II ……………………………..
68
BAB IV
:
PENGOLAHAN DAN ANALISA DATA



A.
Aktivitas Peserta Didik Selama Kegiatan Kegiatan Berlangsung ……………………..………………………
83



1.      Siklus I …………………………………………..
84



2.      Siklus 2 ………………………………………….
86


B.
Prestasi Belajar Peserta Didik …………..……….……...
88



3.      Siklus I …………………………………………..
88



4.      Siklus 2 ………………………………………….
89





BAB V
:
KESIMPULAN DAN PENUTUP
94


A.
Kesimpulan ……………………………………………
94


B.
Saran-saran ……………………………………………
94

DAFTAR KEPUSTAKAAN …………………………………………………

LAMPIRAN-LAMPIRAN …………………………………………………















DAFTAR TABEL

Tabel 1
:
Data awal Prestasi Belajar
6




Tabel 2
:
Klasifikasi Hasil Prestasi  persentase skor prestasi belajar peserta didik
21




Tabel 3
:
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata pelajaran Al Quran Hadits MI
45




Tabel 4
:
Keadaan Guru MIS Hidayatul Mubtadiin Srikaton
50




Tabel 5
:
Keadaan siswa MIS Hidayatul Mubtadiin Srikaton
51




Tabel 6
:
Lembar Penilaian peserta didik pada pre tes
53




Tabel 7
:
Distribusi skor pre tes
55




Tabel 8
:
Lembar observasi aktivitas peserta didik
60




Tabel 9
:
Format lembar observasi aktivitas guru siklus I
63




Tabel 10
:
Lembar penilaian hasil belajar peserta didik siklus I
64




Tabel 11
:
Lembar observasi aktivitas siswa siklus II
73




Tabel 12
:
Format lembar aktivitas guru siklus II
76




Tabel 13
:
Lembar penilaian hasil belajar peserta didik siklus II
76




Tabel 14
:
Hasil belajar Al Quran hadits
79















DAFTAR GAMBAR


Gambar 1
:
Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas Model Lewin ..
12

























DAFTAR LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.      Surat Ijin Penelitian
2.      Struktur Organisasi Madrasah
3.      Jadwal Kegiatan Penelitian
4.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Silus 1
5.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Silus 2
6.      Kartu Konsultasi







[1] Depag RI, Al Quran dan Terjemahnya, Penerbit Intermasa, Jakarta, 1990, hlm. 421

No comments: