Sunday, April 8, 2012

PTK FIQIH MI METODE KOOPERATIF nht


PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH  ISLAMIYAH SINARJAYA KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN PRINGSEWU

SKRIPSI

Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat-syarat
guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
dalam Ilmu Tarbiyah


OLEH :

ROSDIYAH
NPM : 0911010948

Jurusan : PGMI/PAI

Pembimbing I          : Dr. H. Yahya AD, M.Pd.
Pembimbing II         : Dra. Hj. Nilawati Tajuddin, M.Si.



PROGRAM DUAL MODE SISTEM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
1433 H. / 2012 M
ABSTRAK

Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran kelas V MIS Islamiyah Sinarjaya Banyumas Pringsewu Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan model cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan Makanan dan Minuman yang halal dan yang haram kelas V MIS Islamiyah Sinarjaya Banyumas Pringsewu Tahun Pelajaran 2010/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas V MIS Islamiyah Sinarjaya Banyumas Pringsewu Tahun Pelajaran 2010/2012. Analisis data diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan peningkatan indikator keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran melalui pembelajaran cooperative learning tipe NHT (Numbered Head Together) mata pelajaran fiqih pokok bahasan makanan dan minuman yang halal dan yang haram.
Penelitian dilakukan dengan II Siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas V MIS Islamiyah Sinarjaya Banyumas Pringsewu Tahun Pelajaran 2010/2012 dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe NHT (Numbered Head Together), yang ditandai dengan rata-rata hasil belajar peserta didik minimal 65 dengan ketuntasan belajar klasikal 85%.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada materi pokok makanan dan minuman yang halal dan yang haram. Pada siklus I rata-rata nilai 71,67 dan prosentase ketuntasan klasikal 72,22%. Pada siklus II rata-rata nilai mencapai 83,89 dan prosentase ketuntasan klasikal mencapai 94,44%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fiqih dengan menggunakan  model cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT), prestasi/hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan.
.
KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH
Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I Bandar Lampung Telp. (0721) 703260

PERSETUJUAN
Judul Skripsi
:
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH  ISLAMIYAH SINARJAYA KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN PRINGSEWU



Nama Mahasiswa
:
ROSDIYAH
NPM
:
0911010948
Jurusan
:
PGMI / PAI
Fakultas
:
Tarbiyah

MENYETUJUI
Untuk dimunaqasahkan dalam Sidang Munaqasah
Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Bandar Lampung

Pembimbing I
Pembimbing II




Dr. H. YAHYA AD,, M.Pd.
NIP. 19590920 198703 1 003




Dra. Hj. NILAWATI TAJUDDIN, M.Si.
NIP. 19550826 198303 2 002


Mengetahui
Ketua Program Dual Mode System
Fakultas Tarbiyah




Dr. H. SULTHAN SYAHRIL, M.A.
                                           NIP. 19560611 198803 1001
         KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
       FAKULTAS TARBIYAH

Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I Bandar Lampung Telp. (0721) 703260

PENGESAHAN
Skripsi dengan judul : “PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH  ISLAMIYAH SINARJAYA KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN PRINGSEWU”, disusun oleh : ROSDIYAH, NPM : 0911010948, Jurusan : Pendidikan Agama Islam/Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, telah diujikan dalam siding Munaqasyah Fakultas Tarbiyah pada  Hari / Tanggal :

TIM PENGUJI


Ketua
:

(……………………)
Sekretaris
:

(……………………)
Penguji I
:

(……………………)
Penguji II
:

(……………………)


Dekan Fakultas Tarbiyah





Prof. Dr. H. SYAIFUL ANWAR, M.Pd.
NIP. 19611109199003 1 003
MOTTO


* $tBur šc%x. tbqãZÏB÷sßJø9$# (#rãÏÿYuŠÏ9 Zp©ù!$Ÿ2 4 Ÿwöqn=sù txÿtR `ÏB Èe@ä. 7ps%öÏù öNåk÷]ÏiB ×pxÿͬ!$sÛ (#qßg¤)xÿtGuŠÏj9 Îû Ç`ƒÏe$!$# (#râÉYãŠÏ9ur óOßgtBöqs%
#sŒÎ) (#þqãèy_u öNÍköŽs9Î) óOßg¯=yès9 šcrâxøts ÇÊËËÈ

Artinya :
Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya, (QS. At Taubah : 122).[*]
















PERSEMBAHAN


Ku persembahkan Skripsi ini kepada:
1.       Ayahandaku Tersayang H. Thohir dan ibundaku tercinta Hj. Bahariyah yang senantiasa menyayangiku.dan membimbingku, tanpa ada kata lelah dan bosan,
2.      Suamiku Tersayang (Alip Aliyudin) yang selalu setia mendampingi dan memotivasi dalam semua suka dukaku.
3.      Kakak-kakakku dan adik-adikku semua yang selalu memberikan dorongan akan keberhasilanku.
4.      Teman-temanku semua senasib seperjuangan di MI Islamiyah, hanya bisa kuucapkan  selamat berjuang dan berkarya untuk yang terbaik…
5.      Almamaterku IAIN Raden Intan Lampung
6.      Buah hatiku yang manis kau Anakku yang ku sayang dan ku banggakan….















RIWAYAT HIDUP


Rosdiyah, dilahirkan di Sinar Bontor, pada tanggal 20 Maret 1977. Anak ke lima dar rnam bersaudara, darei pasangan Ayah Hi. Tohir dan ibu Hj. Bahariyah. Pendidikan dasar ditempuh di SDN 2 Fajarbaru Kec. Pagelaran lulus pada tahun 1989. Pendidikan Menengah Pertama ditempuh di SMPN 2 Sukoharjo Pringsewu lulus pada tahun1993. dan Sekolah Menengah Atas di  MAN  Pringsewu lulus pada tahun 1997.

Penulis telah menyelesaikan studi D-2 di IAIN lulus pada tahun 2001, kemudian melanjutkan ke jenjang lebih tinggi yaitu pada program S1 PAI di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.


















KATA PENGANTAR


Syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Ilahi Rabbi, Sang Penguasa Pemelihara Alam yang tidak pernah berhenti dalam menganugerahkan segala nikmat, rahmat dan Inayah-Nya kepada seluruh hambanya di muka bumi. Atas limpahan rahmat-Nya penulis haturkan sembah sujud karena telah diberi kesempatan untuk merampungkan skripsi ini. Hambatan-hambatan yang ada dalam penulisan skripsi bukan suatu keluhan bagi penulis, namun dengan kesadaran diri dan introspeksi diri bahwa penulis merupakan hamba Allah yang tidak dapat dipisahkan dari sifat lupa, lemah dan lalai.
Penulisan ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas akhir Program Sarjana (S1) Pendidikan agama Islam. Dan pemilihan judul “Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih Melalui Metode Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sinarjaya Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu” dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui metode Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Mata  Pelajaran Fiqh.
Selanjutnya, penulis menyadari bahwa skripsi ini tentu tidak mungkin bisa rampung tanpa bantuan berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada pihak-pihak tersebut di bawah ini:
1.      Bapak Prof. Drs. H. Syaiful Anwar, M.Pd. selaku dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
2.      Bapak Dr. Sulthan Syahril, M.A. selaku ketua Program Dual Mode System Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
3.      Baoak Dr. H. Yahya HD, M.Pd., dan Ibu Dra. Hj. Nilawati Tajuddin, M.Si.. selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing dan mengarahkan penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
4.      Ibu Khodijah, S.Pd.SD, selaku Kepala MI Islamiyah Sinarjaya yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melakukan penelitian di Madrasah tersebut.
5.      Segenap Dewan Guru MI Islamiyah Sinarjaya yang telah memberikan dukungan dan kemudahan-kemudahan dalam melakukan penelitian.
6.      Ayah dan Ibu tercinta serta suamiku tersayang yang selalu mendoakan akan kesuksesanku.
7.      Kakak-kakakku dan adik-adikku serta sahabat-sahabatku dan semua teman dari jurusan PAI maupun dari jurusan lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Penulis menyadari bahwa sebagai manusia tidak pernah ada kata sempurna, demikian juga dengan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari segenap pembaca dan pemerhati guna penyempurnaan penulisan skripsi ini. Akhirnya penulis mengharap skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umunya. Amien Ya Rabbal 'Alamin.


Pringsewu, 16 Februari 2012
Penulis,           


ROSDIYAH
NPM. 0911010948












DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………..
ABSTRAK …………………………………………………………………..
PERSETUJUAN PEMBIMBING ………………………………………...
PENGESAHAN …………………………………………………………….
MOTTO ……………………………………………………………………..
PERSEMBAHAN …………………………………………………………..
RIWAYAT HIDUP …………………………………………………………
KATA PENGANTAR ……………………………………………………...
DAFTAR ISI ………………………………………………………………..
DAFTAR TABEL ………………………………………………………….
DAFTAR GAMBAR ……………………………………………………….
DAFTAR LAMPIRAN …………………………………………………….
i
ii
iii
iv
v
vi
vii
viii
xi
xiv
xvi
xvii

BAB   I
:
PENDAHULUAN



A.
Penegasan Judul ………………………………..…….…
1


B.
Alasan Memilih Judul …………………………………..
1


C.
Latar Belakang Masalah …………………………….…
4


D.
Rumusan Masalah .………………………..…………….
10


E.
Hipotesis ………………………………………………..
10


F.
Tujuan dan Kegunan Penelitian …………………………
10


G.
Metodologi Penelitian ..…………………………………
11
BAB   II
:
LANDASAN TEORI



A.
Konsep Belajar ………………….………………………
22



1. Pengertian Belajar ………………….……………...…
22



2. Teori-teori Belajar ……………………………………
25



3. Tujuan Belajar ………………………………………..
28



4. Prestasi Belajar ……………………………………….
29


B.
Konsep Pembelajaran …………………………………...
33



1.    Pengertian Pembelajaran ……………………..…….
33



2.    Ciri-ciri Pembelajaran ………………………………
34



3.    Unsur-unsur Pembelajaran ………………………….
35


C.
Karakteristik Mata Pelajaran Fiqih MI …………..…….
36



1. Pengertian Mata Pelajaran Fiqih MI …………………
36



2. Dasar dan Tujuan Mata Pelajaran Fiqih MI …………
37



3. Ruang Lingkup Mata Pelajaran Fiqih MI ……………
38



4. SK dan KD Mata Pelajaran Fiqih MI …………..……
39


D.
Penerapan Metode Kooperatif Tipe Numbered Head Together  ……………………………………………..…

39



1. Pengertian Metode Pembelajaran Kooperatif ………..
39



2. Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif NHT …..
41



3.Pembelajaran Kooperatif tipe NHT …………………..
42



4. Kelebihan dan Kelemahan Pembelajaran Kooperatif ..
49
BAB   III
:
PENYAJIAN DATA LAPANGAN



A.
Latar Belakang Objek Penelitian ….……….……………
52



1. Identitas Madrasah ……………………………………
52



2. Sejarah Berdirinya Madrasah ………………...………
52



3. Letak Geografis ………………………………………
53



4. Visi dan Misi Madrasah ………………………………
56



5. Struktur Organisasi …………………………..………
56



6. Keadaan Guru, Karyawan, dan Siswa ………………..
57



7. Sarana dan Prasarana …………………………………
58



8. Kegiatan Pembelajaran ……………………………….
61



9. Kegiatan Ekstrakurikuler …………………………….
61


B.
Penyajian Data Lapangan
62



1. Paparan Data Sebelum Tindakan …………………….
62



2. Penerapan Metode Kooperative tipe NHT dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih  Peserta Didik

66



a. Siklus I ………………….………….……..………
66



b. Siklus II …………………………………..………
72



3. Data Aktivitas Guru selama Kegiatan Pembelajaran Berlangsung …………………………………………
78



4.Data Prestasi / Hasil Belajar Peserta Didik …………..
83
BAB IV
:
PENGOLAHAN DAN ANALISA DATA



A.
Pengolahan Data ……………………………………….
90



1.    Aktivitas Peserta Didik selama kegiatan Pembelajaran Berlangsung  …………………..…….
90



a.       Siklus 1 ………………………………………….
91



b.      Siklus II …………………………………..……
92



2.    Aktivitas Guru selama Kegiatan Pembelajaran Berlangsung …………………………………………
94



a.       Siklus 1 ………………………………………….
95



b.      Siklus II …………………………………………
98



3. Prestasi Belajar Peserta Didik selama Kegiatan Pembelajaran Berlangsung …………………………..
99



a.       Siklus 1 ………………………………………….
99



b.      Siklus II …………………………………....……
100


B.
Temuan Penelitian ……………………………………..
103



1.      Temuan Siklus I …………………………………….
104



2.      Temuan Siklus II ……………………………………
104


C.
Analisa Data ……………………………………………
105
BAB V
:
KESIMPULAN DAN PENUTUP



A.
Kesimpulan ……………………………………..………
108


B.
Saran-saran …………………………………………...…
109
DAFTAR KEPUSTAKAAN ……………………………………………….

LAMPIRAN-LAMPIRAN ………………………………………………...










DAFTAR TABEL

Tabel 1
:
Hasil Ulangan Tes awal Prestasi Belajar Peserta didik ........
7




Tabel 2
:
Klasifikasi hasil persesntase skor prestasi belajar ………...
20




Tabel 3
:
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata pelajara Fiqih MI  …………………………………………………

39




Tabel 4
:
Keadan Guru MI Sinarjaya  2011/2012 …………………
57




Tabel 5
:
Keadan Siswa MI Islamiyah Sinarjaya 2011/201 ………..
58




Tabel 6
:
Data Ruang MI Islamiyah Sinarjaya 2011/2012 ………….
59




Tabel 7
:
Data Sanitasi air bersih Madrasah ……………………...
60




Tabel 8
:
Data infrastruktur MI Islamiyah Sinarjaya Tahun 2011/2012 ………………
60




Tabel 9
:
Data peralatan kantor MI Islamiyah
60




Tabel 10
:
Lembar Penilaian Tes Awal Pelajaran Fiqih Kelas V MI Islamiyah Sinarjaya Melalui Metode Ceramah ……………
62




Tabel 11
:
Lembar Penilaian Tes Awal Pelajaran Fiqih Kelas V MI Islamiyah Sinarjaya Melalui Metode Ceramah ……………
64




Tabel 12
:
Lembar Observasi Aktivitas Belajar Peserta Didik MIS Islamiyah Sinarjaya Tahun Pelajaran 2011/2012 Pertemuan I Siklus I ………………………………………………………
67




Tabel 13
:
Lembar Observasi Aktivitas Belajar Peserta Didik MIS Islamiyah Sinarjaya Tahun Pelajaran 2011/2012 Pertemuan 2 Siklus I ………………………………………………………
69




Tabel 14
:
Lembar Observasi Aktivitas Belajar Peserta Didik MIS Islamiyah Sinarjaya Tahun Pelajaran 2011/2012 Siklus II ……
73




Tabel 15
:
Distribusi rata-rata aktivitas peserta didik pada setiap siklus …………………………………………..……………
75




Tabel 16
:
Skor Aktivitas Guru pada pertemuan 1 Siklus 1 ..................
78




Tabel 17
:
Skor Aktivitas Guru pada pertemuan 2 Siklus 1 ..................
80




Tabel 18
:
Skor Aktivitas Guru pada Siklus II ......................................
82




Tabel 19
:
Hasil Belajar Fiqih Peserta didik pada Materi Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram Pada Siklus I …………..
84




Tabel 20
:
Hasil Belajar Fiqih Peserta didik pada Materi Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram Siklus II ………………..
85




Tabel 21
:
Peninglkatan Prestasi Belajar Fiqih Peserta didik pada Materi Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram pada Tes Awal, Siklus I, dan Siklus II …………………………..
87




Tabel 22
:
Perbandingan Hasil Penilain Prestasi Belajar Peserta Didik antara Pre Tes, Siklus I, dan Siklus II Mata Pelajaran Fiqih Melalui Pembelajaran NHT  MI Islamiyah Sinarjaya Tahun Pelajaran 2011/2012 ………………………………………..
106




Tabel 23
:
Peningkatan Hasil Tes Peserta Didik antara Pre Tes, Siklus I, dan Siklus II Mata Pelajaran Fiqih MI Islamiyah Sinarjaya Tahun Pelajaran 2011/2012 ………………………………...
106



















DAFTAR GAMBAR


Gambar 1
:
Alur pelaksanan Tindakan dalam PTK
13
Gambar 2
:
Letak Geografis Madrasah Ibtidaiyah Sinarjaya Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu ……………
55
























DAFTAR LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.      Surat Ijin Penelitian
2.      Struktur organisasi MI Islamiyah Sinarjaya
3.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus 1
4.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus 2
5.      Kartu Konsultasi




 Judul ini masih menunggu Munaqasyah
di Fak Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung


[*] Depag RI, Al Quran dan Terjemahnya, PT. Intermasa, Jakarta, hlm. 301

No comments: