Thursday, March 29, 2012

RPP Tematik Kelas I Tema Keluarga


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  MIS Miftahul Ulum Waringinsari
Tema                    :  Keluarga  
Kelas/Semester     :  I / 1
Alokasi Waktu     : 2 minggu

I. Standar Kompetensi :
1. IPS              :  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling 
                           menghormati   dalam kemajemukan keluarga.        
2. IPA              :  Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara 
                           perawatannya.
3. PKN            :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·   Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang   
                             dilisankan.
·   Berbicara        :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·   Membaca        : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·   Menulis           :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan  : Mengapresiasi karya seni musik.

II. Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·         Menceritaan pengalaman

         2. IPA :
·         Membiasakan hidup sehat.

3.  PKN :
·         Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.

4.  Matematika :
·         Menyelesaikan  masalah yang terkait penumlahan sampai dengan 20.
·         Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)

            5.  Bahasa Indonesia :
·         Melaksanakan sesuatu  sesuai  dengan perintah atau   petunjuk sederhana.
·         Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
·         Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat   dan bahasa yang  
                        santun.
·         Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi   anggota tubuh dengan
kalimat sendiri
·         Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang   tepat.
·         Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan  bentuk huruf
·         Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·         Mencontoh huruf , kata, atau  kalimat sederhana dari buku atau papan tulis 
      dengan benar.
·         Melengkapi kalimat yang   belum selesai berdasarkan gambar

6.  Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia

III.       Indikator :

IPS :
·         Menyebutkan nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas.
·         Menceritakan tentang teman  main di rumah.
·         Menceritakan peristiwa masa kecil yang paling berkesan

IPA:
·         Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan.
·         Menjelaskan keuntungan  memotong kuku yang panjang .
·         Menjelaskan keuntungan melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang
teratur agar tubuh sehat dan kuat.
·   Memberikan contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan,
            memotong kuku, olah raga beristirahat dan tidur )

PKN :
·         Menyebutkan 5 suku yang terbesar di Indonesia.
·         Membedakan ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adat istiadat /budayanya.
·         Menjelaskan arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika.

Matematika :
·         Memecahkan masalah sehari-hari yang yang terkait penjumlahan sampai dengan 20.
·         Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait pengurangan sampai 20.
·         Mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0.
·         Mengenal konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang sebentar dan lama.

Bahasa Indonesia :
·         Mendemontrasikan sesuatu  sesuai perintah atau permintaan guru.
·         Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·         Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·         Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
·         Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa  cara yang santun
·         Bercerita berdasarkan gambar.
·         Memasangkan gambar buah dengan nama dan ciri-cri yang tepat.
·         Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata-kta dan kalimat sederhana.
·         Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar
·         Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·         Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·         Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar.
·         Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.
§  Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.

Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Menentukan sumber bunyi.
·         Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
·         Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·         Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan

IV. Tujuan Pembelajaran**  :
·         Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan pengalaman.
·         Siswa dapat menjelaskan cara dan keuntungan merawat kebersihan tubuh.
·         Siswa dapat menyebutkan 5 suku bangsa yang terbesar di Indonesia.
·         Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri dari tiap suku bangsa ( bahasa, adat istiadat, budayanya).
·         Siswa dapat menjelaskan Bhineka tunggal ika.
·         Siswa dapat memecahkan permasalahan sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20.
·         Siswa dapat mengurangkan bilangan dengan bilangan iyu sendiri sehingga hasilnya 0
·         Siswa dapat mengenal konsep waktu.
·         Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan permintaan.
·         Siswa dapat menceritakan isi  serta menjawab pertanyaan seputar isi dongeng.
·         Siswa dapat menyapa teman, guru, orang tua dengan bahasa sederhana yang santun.
·         Siswa dapat menceritakan gambar seri atau tunggal.
·         Siswa dapat mendeskripsikan benda.
·         Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
·         Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik.
·         Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
·         Siswa dapat menyebutkan sumber bunyi, jenis bunyi, dan memperagakannya.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

V. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Peristiwa masa kecil
·         Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat.
·         Hidup rukun dalam perbedaan.
·         Oprasi hitung bilangan.
·         Satuan pengukuran.
·         Kalimat perintah
·         Kalimat sapaan
·         Deskripsi benda-benda di sekitar.
·         Membaca nyaring.
·         Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.
·         Unsur-unsur musik dan bunyi berdasarkan pengalaman musik.

VI. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

VII. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :
      Minggu I
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru dan pengalaman, siswa dapat menjelaskan keuntungan merawat anggota tubuh agar tetap bersih dan sehat.
F Menjelaskan alasan mencuci tangan, dan menjelaskan keuntungan mencuci tangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memeragakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau sesudah melakukan kegiatan yang menyebabkan tangan menjadi kotor.
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat menceritakan nama suku bangsa yang ada  di Indonesia.
F Melalui diskusi dan tanya jawab siswa dapat mengelompokkan suku bangsa yang terbesar
F Menyebutkan 5 suku terbesar yang diketahui siswa
F Melalui pengalaman  siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan  dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
F Mengerjakan soal penjumlahan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan menyimak petunjuk dan perintah guru, siswa dapat mendemontrasikan sesuatu perintah atau pemintaan dengan baik.
F Perintah dan permintaan terdiri dari kalimat perintah yang diucapkan guru.
F Melalui cerita guru sebagai motivasi, siswa diingatkan kembali pada peristiwa ketika sekolah di Taman Kanak-kanak.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nama guru dan beberapa teman di Taman Kanak-kanak.
F Menceritakan peristiwa yang berkesan selama di taman Kanak-kanak.
F Melalui pengalaman  siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan  dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
F Mengerjakan soal penjumlahan jumlah soal 
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan menyimak dongeng yang dibacakan guru , siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasa sendiri.
F Mengemukakan pendapat tentang perilaku  tokoh pada dongeng tersebut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengalaman  siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan  dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
F Mengerjakan soal penjumlahan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui cerita dongeng yang dibaca kembali oleh  guru, siswa menjawab pertanyaan tentang isi dan tokoh dalam dongeng.
F Melalui pengalaman  siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan  dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan tokoh dalam dongeng dengan ekspresi yang baik.
F Mengerjakan soal penjumlahan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengalaman  siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan  dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
F Melalui penjelasan guru, siswa menirukan kalimat sapaan yang diucapkan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengucapkan  kalimat sapaan  tanpa din\bimbing guru, dengan lafal dan intonasi yang benar.
F Membentuk kelompok untuk peragaan kalimat sapaan.
F Mengerjakan soal penjumlahan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    
      Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui motivasi dan arahan guru, siswa melakukan gerakan yang menghasilkan bunyi.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengelompokkan sumber bunyi, terdiri dari bunyi buatan dan bunyi alami.
F Memperagakan bunyi buatan.
F Tiap kelompok memperagakan percakapan yang menggunkan kalimat sapaan di depan teman-temannya.
F Peragaan dilakukan tanpa teks agar ekspresinya lebih baik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu  ke 2
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memeriksa kuku temannya, menganjurkan pemotongan kuku bagi yang berkuku panjang.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui contoh dan pengalaman siswa, dapat menjelaskan hal-hal yang membedakan sebagai ciri dari tiap suku bangsa.( bahasa, adat istiadat, kebiasaan, makanan,dll)
F Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan keuntungan menggunting kuku.
F Melalui diskusi sederhana yang dipandu guru, siswa dapat menyebutkan akibat bila kuku panjang.
F Mengerjakan LKS tentang  nama teman yang berbeda suku.
F Melalui pengalaman  siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan  dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
F Mengerjakan soal pengurangan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan gambar yang ditampilkan di depan kelas.
F Siswa memberikan pendapatnya tentang gambar, lalu diarahkan oleh guru tentang cerita dalam gambar tersebut.
F Mendengarkan cerita guru tentang pasa buah-buahan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjawab pertanyaan tentang cerita yang disampaikan guru.
F Melalui cerita yang bersifat mengingatkan , siswa dapat menceritakan teman dan suasan bermain di rumah.
F Menceritakan kegiatan yang dapat dilakukan bersama teman di rumah.
F Melalui pengalaman  siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan  dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
F Mengerjakan soal pengurangan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan gambar buah-buahan yang ditempel di papan tulis.
F Siswa dimotivasi untuk menyampaikan ciri-ciri dari buah-buahan yang di tempel di papan tulis tersebut.
F Setelah memberikan deskripsi tentang buah-buahan tersebut, siswa menempelkan gambar buah pada kelompok yang ditentukan,
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Pengelompokan berdasarkan pada warna dan  rasa.
F Melalui pengalaman  siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan  dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
F Mengerjakan soal pengurangan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengingatkan kembali huruf yang telah dipelajari melalui kartu huruf, suku kata , kata dan kalimat.
F Mengenalkan huruf t sebagai tambahan huruf-huruf yang sudah dipelajari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun kartu huruf agar membentuk suku kata , kata dan kalimat yang disusun dari huruf yang sudah dipelajari.
F Membaca tiap kata, dan kalimat dengan suara nyaring dengan cara individual dan klasikal.
F Melalui pengalaman  siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan  dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
F Melalui demontrasi dengan benda konkrit siswa dapat menemukan 0 sebagai  hasil pengurangan bilangan dengan bilangan itu sendiri
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca berulang-ulang kata dan kalimat yang tertulis di papan tulis.
F Membaca dengan suara nyaring tiap kata dan kalimat secara individual.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengalaman  siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan  dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
F Melalui demontrasi dengan benda konkrit siswa dapat menemukan 0 sebagai  hasil pengurangan bilangan dengan bilangan itu sendiri
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    
      Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca kata dan kalimat yang tertera di buku sumber dengan suara nyaring  secara individual dan klasikal.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membedakan bunyi yang pelan, bunyi yang keras.
F Memperagakan bunyi yang keras dan bunyi yang pelan

No comments: