Monday, March 26, 2012

BAB IV PKP UT IPA KELAS 5 Oleh MARIA

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Deskripsi Hasil Penelitian
1.      Hasil/Temuan yang Diperoleh
Pada setiap akhir pembelajaran siklus I dan II,  selalu diadakan tes evaluasi dan pengamatan. Hasil tersebut akan disajikan dalam bentuk tabel yang memuat isi keseluruhan hasil / temuan yang diperoleh selama melaksanakan penelitian. Hasil tersebut diperoleh dari catatan-catatan peneliti sendiri dan catatan-catatan guru pendamping atau teman sejawat.
Tabel 5 : Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
NO
NAMA SISWA
SIKLUS
I
II
1
Ailul Umayah
55
65
2
Badrul Huda
64
70
3
Bagas Prasetyo
71
79
4
Deni Juliansyah
73
81
5
Elya Maeliza
81
93
6
Laela Aniyatul Ahida
55
65
7
Feni Indah Rosita
47
55
8
Monik Agustina
75
89
9
M. Iqbal Tajudin
82
93
10
M. Royan Soib
86
95
11
Rizky Alwifiyan
65
75
12
Rio Rizkyawan
43
56
13
Sulton Aziz
75
86
14
M. Saifudin
77
87
15
Wahyudi
71
85
16
Aditia Febriana
81
84
17
Asrul Fauzaki
51
65
18
Adi Darmawan
55
66
19
Dimas Aulia
81
94
20
Febri Prihantoro
74
87
JUMLAH
1362
1570
RATA-RATA
68,10
78,50





Sumber : Data Nilai Kelas
2.            Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Pendekatan Pembelajaran Mastery Learning pada siswa kelas V semester I SD Negeri 02 Sidomulyo Kecamatan Air Naningan dapat dilihat dari hasil ulangan yang dilaksanakan dalam pembelajaran pada siklus I dan siklus II yang disajikan pada tabel berikut ini :
Tabel 6 : Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Siklus
Jumlah
Nilai   65
Jumlah Nilai
Rata-rata
Jumlah Siswa
Prosentase
I
20
13
65,00 %
1362
68,10
II
20
18
90,00 %
1570
78,50


B.       Pembahasan
1.    Siklus I
Pelaksanaan siklus I mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Aalam pada hari Kamis tanggal 05 Mei 2011 diikuti oleh 20 siswa kelas V yang terdiri dari  15 laki-laki dan 5 anak perempuan. Pertemuan ini berlangsung selama 1 x pertemuan  (2 x 35 menit).
a.         Hasil Belajar Siswa
Data dari tes akhir pada siklus I menunjukkan bahwa siswa memperoleh nilai 65 ke atas pada mata pelajaran IPA sebanyak 13 siswa dari 20 siswa atau 65,00 %. Ini berarti kriteria pada siklus I pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam masih banyak kekurangannya untuk memenuhi target yang diharapkan, yaitu siswa yang mendapat   nilai 65 keatas   sebesar 85 % atau lebih.
b.         Refleksi
Pada akhir siklus I diperoleh hasil belajar siswa belum memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil pengamatan guru teman sejawat terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dari keseluruhan yang diamati yaitu :
1)      Guru perlu mengoptimalkan dalam memotivasi dan membangun semangat siswa terhadap pelajaranIlmu Pengetahuan Alam;
2)      Guru mempertegas dalam pembagian tugas dalam kelompok belajar;
3)      Guru kurang memperhatikan pemahaman pada siswa tentang pentingnya kerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan suatu masalah.
4)      Guru belum optimal dalam menanamkan prinsip cara mengkonstruksi sebuah pemahaman pada anak, yaitu dengan mengaitkan peristiwa dan pengalaman-pengalaman yang dimiliki dalam kehidupan sehari-hari.
5)      Guru kurang teliti dalam mengamati siswa yang termasuk harus di remedial dan yang harus diberi pengayaan;
Pembelajaran yang kurang memuaskan hasilnya itu juga disebabkan oleh siswa itu sendiri, yaitu :
1)      Sebagian siswa belum memahami hakikat dan strategi dari pembelajaran yang diikuti;
2)      Dalam kegiatan pembelajaran, siswa banyak yang ribut dan tidak memperhatikan penjelasan guru;
3)      Siswa kurang aktif dalam diskusi kelompok, tanya jawab, maupun kegiatan lain yang seharusnya dilakukan siswa.
Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan-perbaikan lagi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yakni pada siklus II.
2.    Siklus II
Pelaksanaan siklus II mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dilaksanakan pada  hari Kamis tanggal 19 Mei 2011 diikuti oleh 20 siswa kelas V yang terdiri dari  15 laki-laki dan 5 anak perempuan.
a.         Hasil Belajar Siswa
Data dari tes akhir pada siklus II menunjukkan bahwa siswa memperoleh nilai 65 ke atas pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sebanyak 18 siswa dari 20 siswa atau 90,00 %. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sudah banyak mengalami kemajuan dan sudah memenuhi target yang diharapkan, yaitu siswa yang  mendapat nilai 65 keatas sebesar 85 % atau lebih, dan hasil yang diperolehnya telah sesuai dengan target yang diharapkan.
b.         Refleksi
Berdasarkan hasil pengamatan guru teman sejawat bahwa pada akhir siklus II diperoleh hasil belajar siswa sebagai berikut :
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan pendekatan pembelajaran Mastery Learning pada siklus II sudah lebih baik dari siklus I, dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yakni sudah memenuhi apa yang diharapkan, karena terbukti hasil yang dicapai siswa pada   mata  pelajaran  Ilmu Pengetahuan Alam dengan  nilai lebih dari 65 sebanyak 18 siswa dari jumlah siswa keseluruhan yaitu 20 anak  atau  mencapai   90,00 %.
Hal ini menunjukkan bahwa peranan guru dalam proses pembelajaran bukan hanya sebagai pengajar, tetapi lebih ditekankan sebagai fasilitator dan motivator. Guru memfasilitasi siswa untuk berhasil dengan memberikan motivasi, dorongan dan pendampingan dalam kegiatan pembelajaran.


No comments: