Tuesday, March 27, 2012

BAB III PKP UT KELAS V PKn Oleh Maria

BAB  III
PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

A.  Subjek Penelitian
1.   Lokasi Penelitian
Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan di kelas V semester II SD Negeri 02 Sidomulyo Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Lampung.
2.   Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih satu bulan yaitu mulai tanggal 20 April sampai dengan 21 Mei 2011, dengan 6 jam pelajaran (3 kali pertemuan). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini berjumlah 20 orang siswa  yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti (guru  bidang  study), seorang obsever, dan kepala Sekolah sebagai penanggung jawab.
Adapun jadwal penelitian ini adalah :
Tabel 3 : Jadwal Penelitian Mata Pelajaran PKn
Hari
Tanggal
Jam Ke
Mata Pelajaran
Keterangan
Rabu
27-04-2011
3 - 4
PKn
Observasi Kelas
(Pra Siklus)
Rabu
04-05-2011
3 - 4
PKn
Pembelajaran Perbaikan 1
Rabu
18-05-2011
3 -4
PKn
Pembelajaran Perbaikan 2

3.    Mata Pelajaran
Adapun mata pelajaran yang di teliti adalah  PKn.

4.   Kelas    
Kelas yang dijadikan tempat penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 02  Sidomulyo Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Lampung.

B.            DeskrPKni Pelaksanaan Perbaikan (Per Siklus)
Pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran ini melalui langkah siklus sebanyak dua siklus,  dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : Perncanaan (planning), Pelaksanaan (acting), Pengamatan (observing) dan Refleksi (reflecting) (Suharsini Arikunto, 2006).  
1.   Perencanaan
a.  Menyusun jadwal mengajar
b.  Membuat perangkat pembelajaran
c. Menyusun skenario pembelajaran sesuai dengan materi yang akan disampaikan
d.  Mempersiapkan  media  pembelajaran  yang  akan  dipergunakan  dalam kegiatan pembelajaran
e.   Mempersiapkan lembar observasi dan catatan lapangan
2.   Pelaksanaan
Tahap ini merupakan pelaksanaan dari tahap perencanaan, meliputi :
a.      Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan menyampaikan tujuan pembelajaran yang dicapai dan membagi kelompok belajar;
b.  Guru memotivasi siswa agar belajar bersama dalam kelompok dan bertanggung jawab pada kelompoknya;
c.  Guru menyampaikan materi yaitu membuat surat undangan dan mengefektifkan diskusi kelompok, demonstrasi serta bertanya jawab;
d.  Guru bersama teman sejawat mengamati proses kegiatan diskusi kelompok yang sedang berlangsung dan guru memberikan bimbingan pada siswa;
e.     Setiap kelompok mengamati contoh surat undangan yang disiapkan;
g.   Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi dan pengamatannya
h.     Guru memberikan tes tertulis secara individu di akhir siklus;
i.               Siswa yang mendapat nilai kurang dari 60 dan rata-rata nilai yang kurang dari ketentuan mnimal, maka dilakukan perbaikan dan yang sudah tuntas diberikan tambahan sebagai pengayaan.
3.    Pengamatan/Pengumpulan Data
Dalam pengamatan penelitian tindakan kelas  ini peneliti bekerja sama dengan  guru  (teman sejawat)  yaitu    seorang    guru    dari    SD  Negeri 02 Sidomulyo, yang bertugas mengamati selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil pengamatan ini dituangkan dalam catatan lapangan yang telah dipersiapkan.
a.       Lembar Pengamatan 1 adalah data skunder (data yang berasal dari selain subjek) yang digunakan untuk menilai kinerja guru dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.



Tabel 4 : Lembar Pengamatan 1 pada Siklus 1 dan 2
No
Aspek yang Dinilai
Skor





1
Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran




2
Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik siswa)




3
Pengorganisasian materi (sistematis, logis)




4
Pemilihan sumber/media pembelajaran




5
Kejelasan skenario pembelajaran (kegiatan awal, inti, penutup)




6
Kesesuaian teknik strategi dengan tujuan pembelajaran





7
Kelengkapan instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran)






Jumlah Skor



Prosentase Kinerja Guru



Kategori Kinerja Guru










                       
                        Keterangan :
                        1 = tidak baik;   2 = kurang baik;    3 = baik;   4 = sangat baik;
b.      Lembar pengamatan 2 adalah data skunder (data yang berasal dari selain subjek) yang digunakan untuk menilai kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran.
Tabel 5 : Lembar Pengamatan 2 pada Siklus 1 dan 2
No
Aspek yang Dinilai
Skor
1
2
3
4
I
PRA PEMBELAJARAN




1
Menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi




2
Dengan metode tanya jawab guru membahas pengetahuan prasyarat tentang kemerdekaan




II
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN




1
Guru mrnyajikan ide baru  dan perluasan konsep PKn terlebih dahulu




2
Siswa diberitahu tujuan pembelajaran yang memiliki antisipasi tentang sasaran pelajaran




3
Penjelasan, diskusi, demonstrasi dengan contoh konkret yang sifatnya piktorial dan simbolik




4
Siswa diminta merespon satu rangkaian soal sambil guru mengamati kalau terjadi miskonsepsi




5
Guru membimbing siswa untuk membentuk kelompok




6
Guru memasukkan rincian khusus tanggung jawab kelompok dan ganjaran individual ber-dasarkan pencapaian materi yang dipelajari




7
Siswa bekerja dalam kelompok belajar kooperatif




8
Membimbing siswa menjadi tutor sebaya




9
Siswa bekerja sendiri untuk latihan




10
Perluasan mempelajari konsep yang disajikan yang disajikan pada langkah pengembangan




III
PENUTUP PEMBELAJARAN




1
Guru menyimpulkan hasil diskusi




2
Guru memberikan PR





Jumlah Skor


Prosentase Kinerja Guru


Kategori Kinerja Guru










c.       Lembar Pengamatan 3 adalah data primer yang digunakan untuk menilai motivasi belajar siswa pada setiap siklus. Dengan motivasi yang tinggi diharapkan prestasi merekapun juga tinggi.

Tabel 6 : Lembar Pengamatan 3 (pada siklus 1 dan 2)
No
Aspek yang Dinilai
Skor
1
2
3
4
1
Memperhatikan penjelasan guru




2
Bertanya kepada guru




3
Mencatat/menyalin/menulis hasil




4
Berdiskusi mengerjakan LKS




5
Menjawab/menanggapi pertanyaan




6
Menyimpulkan kembali hasil diskusi




7
Mengerjakan soallatihan





Jumlah Skor


Prosentase Kinerja Guru


Kategori Kinerja Guru



4.     Refleksi
Refleksi ini merupakan kegiatan dalam menganalisis, memahami dan membuat kesimpulam berdasarkan hasil pengamatan dan catatan lapangan. Refleksi dilakukan dengan menganalisis hasil tes dan observasi, serta menentukan perkembangan kemajuan dan kelemahan yang terjadi, sebagai dasar perbaikan pada siklus berikutnya.
Pada siklus   I, pelaksanaannya berdasarkan refleksi dari pra siklus dan pelaksanaannya terdiri dari empat tahap pelaksanaan : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.  Dalam proses kegiatan pembelajaran siklus I ini masih banyak ditemukan kelemahan-kelemahannya dan di sini diadakan perbaikan yaitu siklus II.
Berdasarkan pengamatan dan refleksi dari siklus I, dalam penelitian ini ternyata pada siklus II telah terjadi peningkatan yang cukup signifikan, sehingga dengan siklus II ini dirasa telah cukup karena keberhasilan pembelajaran telah dicapai. Jadi pada silkus ini merupakan siklus pamungkas dalam perbaikan pembelajaran.




No comments: