Tuesday, March 27, 2012

BAB I PKP UT KELAS V PKn Oleh Maria

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Dalam pembelajaran guru dapat melakukan berbagai jenis tindakan yang menggambarkan peranannya dalam pembelajaran. Sejalan dengan perkembangan pengetahuan manusia peran guru dalam pembelajaran juga semakin kompleks. Tindak pembelajaran yang diperankan guru, tidak hanya sekedar penyebar informasi dengan tanpa mempertimbangan apakah bahan pelajaran yang diberikan itu sesuai atau tidak dengan kesanggupan, kebutuhan, minat   dan   tingkat  kesanggupan  atau perkembangan serta pemahaman siswa.
Salah satu bentuk kondisi belajar  adalah adanya kondisi belajar yang kuat baik yang datangnya dari dalam (motivation intrinsic), maupun dari luar (motivation ekstrinsik). Pentingnya menimbulkan motivasi belajar ini, tampak pada langkah-langkah pertama dan intruksional event, yaitu langkah menimbulkan motivasi (motiviton vase). Tanpa motivasi, maka perubahan tingkah laku tidak akan terjadi pada diri siswa. Sebab adanya motivasi yang kuat, menunjukkan adanya minat untuk mencapai tujuan tertentu.
Dalam upaya meningkatkan motivasi dan mencapai tujuan yang diharapkan, salah satu metode atau strategi pembelajaran yang bias diterapkan adalah metode atau pendekatan mastery learning (pembelajaran tuntas). Pembelajaran    Mastery   Learning  ini pada dasarnya adalah kegiatan belajar perseorangan ditujukan untuk menampung kegiatan pengayaan dan perbaikan (Depdikbud : 1990). Kegiatan pembelajaran perseorangan dapat membantu proses belajar mengajar yang mengarah pada optimalisasi kemampuan siswa secara individu. Untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar tersebut di antaranya guru memiliki kemampuan yang berkenaan dengan : (1) mengkaji hasil prestasi belajar siswa; (2) merencanakan, melaksanakan serta menilai program perbaikan dan pengayaan hasil belajar siswa;  (3)  melaksanakan  kegiatan    belajar    mengajar dalam latihan secara perseorangan. Teori ini lebih menaruh perhatian pada peristiwa-peristiwa internal,yaitu aktif kreatif dan tuntas.
Sebagai gambaran pada pertemuan awal di kelas bahwa hasil pembelajaran PKn kelas V yang ditemukan pada Ulangan Harian pada pra siklus sebelum penelitian ini dimulai, bahwa dari 20 siswa yang mendapat nilai  ≥ 65 sebanyak 9 siswa atau sekitar 45 %. Rendahnya hasil belajar siswa ini merupakan masalah pembelajaran. Jalan terbaik mengatasinya adalah dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), karena PTK identik dengan pelaksanaan penelitian melalui langkah siklus,  dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : Perencanaan (planning), Pelaksanaan (acting), Pengamatan (observing) dan Refleksi (reflecting) (Suharsini Arikunto, 2006).   Dengan tahapan yang seperti ini diharapkan masalah-masalah pembelajaran dapat dicari solusinya.
Adapun data nilai yang ditemukan tersebut sebagaimana dapat dilihat pada tabel berikut ini :


Tabel 1 : Data Nilai Hasil Ulangan Harian Kelas V Mata Pelajaran PKn (Pra Siklus)
NO
NAMA SISWA
NILAI
1
Ailul Umayah
45
2
Badrul Huda
54
3
Bagas Prasetyo
60
4
Deni Juliansyah
62
5
Elya Maeliza
74
6
Laela Aniyatul Ahida
45
7
Feni Indah Rosita
36
8
Monik Agustina
65
9
M. Iqbal Tajudin
70
10
M. Royan Soib
75
11
Rizky Alwifiyan
53
12
Rio Rizkyawan
35
13
Sulton Aziz
66
14
M. Saifudin
65
15
Wahyudi
61
16
Aditia Febriana
72
17
Asrul Fauzaki
40
18
Adi Darmawan
45
19
Dimas Aulia
71
20
Febri Prihantoro
66
JUMLAH
1160
RATA-RATA
58,00
Sumber : Data Nilai Kelas



Tabel 2 :   Rentang Nilai Pra Siklus Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Negeri 02 Sidomulyo Kec. Air Naningan

NO
INTERVAL
JUMLAH SISWA
PROSENTASE
1
2
3
4
5
6
7
≤ 40
41 – 50
51 – 60
61 – 70
71 – 80
81 – 90
91 - 100
4
3
4
6
3
0
0
20,00 %
15,00 %
20,00 %
30,00 %
15,00 %
0
0


B.       Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini permasalahan yang dirumuskan adalah :
Bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran di Kelas V SD Negeri 02 Sidomulyo melalui pendekatan pembelajaran mastery learning?

C.    Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1.  Ingin mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011 pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran di SD Negeri 02  Sidomulyo tahun pelajaran 2010/2011.
2.  Ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011 pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran di SD Negeri 02 Sidomulyo tahun pelajaran 2010/2011.

D.    Manfaat Penelitian
Suatu penelitian tentunya diharapkan mempunyai kegunaan atau manfaat bagi berbagai pihak, antara lain:
1.  Bagi Guru
Membantu guru dalam usaha menemukan bentuk pembelajaran dan sebagai bahan masukan untuk mengetahui bahwa pendekatan pembelajaran Mastery Learning merupakan salah satu bentuk upaya dalam kegiatan pembelajaran yang memngkinkan dapat menambah atau meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa.
2.   Bagi Lembaga yang Diteliti
Penelitian dapat dijadikan sebagai tolak ukur serta inovasi dalam pengelolaan Pendidikan di sekolah, serta sebagai motivasi untuk kemajuan dan perkembangan  pendidikan  di sekolah,  selain  itu  juga  sebagai  suatu usaha dalam rangka mencapai tujuan kurikulum seperti yang telah dirumuskan dalam kurikulum sekolah.
3.   Bagi Siswa
Memotivasi siswa yang dimungkinkan dapat mendorong penigkatan aktivitas dan hasil belajar.


No comments: